Keong Mas Serang Padi di Labar

Written By Unknown on Rabu, 19 Desember 2012 | 16.24

Rabu, 19 Desember 2012 14:41 WIB

TAPAKTUAN – Ratusan hektare lahan padi di Kecamatan Labuhan Haji Barat (Labar), Kabupaten Aceh Selatan, terancam gagal panen. Pasalnya, hama keong mas sejak sepekan terakhir mulai menyerang tanaman padi milik petani setempat.

Camat Labuhan Haji Barat, Ir H Manaf Aldi MM yang memberi informasi tersebut kepada Serambi, Senin (17/12) mengaku sejak beberapa hari terahir ini banyak petani yang melaporkan persoalan serangan hama keong tersebut. Mereka berharap kepada dinas terkait dapat membantu membasmi hama keong itu.

"Serangan hama keong mas merata di seluruh gampong dalam Kecamatan Labuhan Haji Barat. Ada sebagian petani mengaku terpaksa harus menambal sulam tanaman padi mereka, ada juga yang mengutip keong-keong emas itu secara tradisional supaya tanamannya tidak terus dimakan," lapor Camat Ir H Manaf Aldi kepada Serambi, Senin (17/12).

Mantri Tani Wilayah Labuhan Haji Barat, Zulfikar yang dikonfirmasi Serambi via ponsel membenarkan hal itu, dia juga membenarkan belum ada penanganan secara serius dari pihaknya mengingat sebagian petani setempat mulai melakukan pembasmian/penanganan secara sendiri-sendiri.

"Penanganan secara serius memang belum, karena tidak tersediannya obat di kantor. Persoalan ini juga belum saya laporkan ke kantor rencana bulan depan, sebab bulan ini baru saja kita serahkan laporan ke kantor. Namun demikian saya sarankan kepada petani  untuk mengeringkan air di sawah mereka serta gunakan serbuk Samponin yang dijual di toko, karena hama keong mas itu berkembang biak di daerah berair saja," katanya.(tz)


Anda sedang membaca artikel tentang

Keong Mas Serang Padi di Labar

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2012/12/keong-mas-serang-padi-di-labar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Keong Mas Serang Padi di Labar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Keong Mas Serang Padi di Labar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger