BI Lhokseumawe: Ekonomi Aceh Labil

Written By Unknown on Rabu, 19 Desember 2012 | 16.24

Rabu, 19 Desember 2012 14:05 WIB

LHOKSEUMAWE - Bank Indonesia (BI) Lhokseumawe menyatakan bahwa ekonomi di Aceh tidak mengalami pertumbuhan berarti (stagnan) dan tidak stabil (labil). Salah satu indikasinya terlihat dari minimnya uang yang beredar di Aceh, khususnya di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara.

"Peredaran uang di Aceh, khususnya di Lhokseumawe lebih besar outflow (keluar) dari pada inflow (pemasukan)," kata Pimpinan BI Lhokseumawe, Zulfan Nukman dalam pertemuan High Level Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Lhokseumawe, bersama jajaran Pemko Lhokseumawe dan Pemkab Aceh Utara di Oproom BI setempat, Selasa (18/12).

Dijelaskan, besarnya uang yang keluar tersebut terjadi karena pedagang di Aceh selama ini membeli segala kebutuhan dari Sumatera Utara, sehingga uang dari Aceh banyak mengalir ke Medan. "Hasilnya, Medan terus mengalami inflow," ujarnya.

Dengan kondisi ini, lanjut Zulfan, Aceh khususnya Lhokseumawe dan Aceh Utara bisa dikatakan sebagai konsumen murni. "Kondisi ini yang harus menjadi perhatian dari pemerintah daerah agar mampu mencari solusinya," jelas Zulfan.

Intinya, tambah Zulfan, dengan adanya pertemuan TPID ini, pihaknya akan merangkum semua masukan dari peserta, untuk selanjutnya bisa ditindaklanjuti pemerintah kabupaten/kota, dalam upaya perbaikan ekonomi daerah.

"Salah satu contoh yang akan direkomendasi adalah pembukaan lahan tidur untuk dijadikan lahan tanam serta harus dilakukan strategi memutuskan rantai ketergantugan ekonomi Aceh terhadap Sumatera Utara," demikian Zulfan Nukman.(bah)


Anda sedang membaca artikel tentang

BI Lhokseumawe: Ekonomi Aceh Labil

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2012/12/bi-lhokseumawe-ekonomi-aceh-labil.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

BI Lhokseumawe: Ekonomi Aceh Labil

namun jangan lupa untuk meletakkan link

BI Lhokseumawe: Ekonomi Aceh Labil

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger