Dewan Dapat Rp 700 Juta/Orang

Written By Unknown on Kamis, 20 Desember 2012 | 16.24

Kamis, 20 Desember 2012 14:12 WIB

* Total Dana Aspirasi DPRK Aceh Utara Rp 31, 5 M

LHOKSEUMAWE - Dana aspirasi untuk 45 anggota DPRK Aceh Utara dalam RAPBK mencapai Rp 31,5 miliar atau Rp 700 juta per anggota telah mendapat persetujuan pemkab setempat dari usulan sebelumnya Rp 45 miliar. Bahkan, anggota dua anggota dewan yang telah dinoaktifkan karena tersandung kasus dugaan korupsi yaitu T Junaidi dan M Saleh Mahmud, juga mendapat dana tersebut.

"Dana aspirasi yang diusulkan sebelumnya 1 miliar rupiah. Tapi, setelah pembahasan, yang disetujui kedua pihak sekitar 700 juta rupiah setiap anggota dewan. Tapim itu masih dibahas lagi," kata anggota DPRK Aceh Utara, Ahmad Satari kepada Serambi, Rabu (18/12). Disebutkan, dana aspirasi tahun depan lebih banyak penggunaannya untuk proyek fisik, di samping hibah untuk masyarakat. "Tahun ini lebih kecil dari sebelumnya. Dulu ada yang sampai 1 miliar rupiah," katanya.

Sementara Sekdakab, Aceh Utara Syahbuddin Usman menyebutkan, usulan dana aspirasi untuk 45 anggota dewan tahun 2013 telah mendapat persetujuan dari semua kepala SKPK setelah dibahas dua pihak. "Pembahasannya sudah dilakukan, tapi jumlahnya saya tak ingat persis. Tapi ada yang mencapai 700 juta rupiah tiap anggota dewan," jelas Sekda.

Menurut Syahbuddin, dana aspirasi dewan yang tertampung dalam RAPBK 2013 lebih banyak diperuntukan bagi proyek fisik. "Tapi ada juga untuk modal usaha bagi masyarakat, pembangunan jalan dan proyek  fisik lainnya," ujarnya.

Ketua DPRK Aceh Utaram Jamaluddin Jalil, mengatakan dirinya sudah pernah menyampaikan agar dana aspirasi untuk dua anggota dewan yang dinonaktifkan tak diusulkan lagi. "Memang tiap anggota dewan tahun 2013 mendapat 700 juta rupiah. Tapi, dua anggota dewan tersebut akan kita bahas lagi supaya tidak bermasalah dengan hukum, karena sudah disulkan lagi jatah mereka," katanya.(c37/c46)

Berpotensi Diselewengkan
SELAMA ini tidak ada pertanggungjawaban dari penggunaan aspirasi kepada publik, sehingga semakin membuka penyelewengan dana apirasi apalagi menjelang pemilu 2014. Karena itu, kita berharap kepada elemen sipil supaya mengawal ketat penggunaan dana itu. Anehnya, dua anggota dewan yang sudah dinonaktifkan juga masih menerima dana tersebut.
* Alfian, Koordinator LSM MaTA.(c37)


Anda sedang membaca artikel tentang

Dewan Dapat Rp 700 Juta/Orang

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2012/12/dewan-dapat-rp-700-jutaorang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dewan Dapat Rp 700 Juta/Orang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dewan Dapat Rp 700 Juta/Orang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger