Aceh Sosialisasi Duta Museum

Written By Unknown on Rabu, 12 Desember 2012 | 16.24

Rabu, 12 Desember 2012 15:13 WIB

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh bekerjasama dengan Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permeseuman Kemendikbud, Senin (10/12) malam melakukan sosialisasi Duta Museum di Banda Aceh.

Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Adami Umar MPd mengatakan untuk lebih memasyarakatkan museum di kalangan warga Tanah Rencong, Duta Museum asal Aceh tahun 2012, Mujiburrizal diharapkan menjadi ujung tombak dalam memperbanyak arus kunjungan ke museum yang tersebar di seluruh Aceh.

"Saya berharap Mujiburrizal mampu mempromosikan museum ke semua khalayak baik yang ada di Aceh atau di luar Aceh," katanya.

Dalam pertemuan itu, Adami Umar yang mengaku masih prihatin terhadap pertumbuhan arus kunjungan ke museum-museum yang ada di Aceh meminta Kemendikbud di Jakarta untuk mendukung program pengembangan museum di Tanah Rencong. "Dengan koleksi yang sangat terbatas, tidaklah mungkin pengelolaan museum di Aceh bisa dilaksanakan sesuai dengan harapan banyak pihak," katanya.

Karena itu, untuk membuat museum ke depan lebih menarik, Adami mengharapkan Teuku Hanif dari Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud RI ikut mendukung dana untuk penambahan koleksi museum di Aceh.

Dikatakan, selain untuk pengadaan koleksi, museum juga membutuhkan anggaran yang besar untuk biaya perawatan benda-benda bernilai sejarah tersebut. "Pemerintah harus menambah barang-barang koleksi baru. Sehingga ke depan orang tidak menyebutkan museum itu gudang barang antik, bahkan ada yang menganggapnya sebagai gudang barang rongsokan," kata Adami.

Teuku Hanif mengaku pihaknya siap untuk memfasilitasi Pemerintah Aceh dalam mengembangkan museum di masa mendatang. "Namun, kami butuh data-data yang lengkap menyangkut apa saja yang perlu dibantu," katanya.

Acara duta museum yang berlangsung di Grand Nanggroe Hotel dihadiri sejumlah peminat permuseuman. Disamping itu, juga hadir staf ahli Gubernur bidang Ekonomi Jasman J Makruf, Asisten II Setda Banda Aceh Drs Ramli Rasyid, Kepala Museum Aceh Drs Nurdin AR MHum, Direktur Akpar Muhammadiyah Drs Mukhtar Mahmud, Tgk H A Rahman Kaoy, pengurus ASPPI Aceh, dan para duta wisata.(sir)


Anda sedang membaca artikel tentang

Aceh Sosialisasi Duta Museum

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2012/12/aceh-sosialisasi-duta-museum.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Aceh Sosialisasi Duta Museum

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Aceh Sosialisasi Duta Museum

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger