Timses Wahyu/Irwan Protes KIP

Written By Unknown on Senin, 26 November 2012 | 16.24

Senin, 26 November 2012 15:43 WIB

* Anggap Proses Verifikasi tak Cermat

TAPAKTUAN - Tim sukses bakal calon (balon) bupati/wakil bupati Aceh Selatan, Wahyu M Waly Putra SH/Irwan SE MSi, melayangkan protes keras terhadap hasil verifikasi faktual yang dilakukan pihak KIP Aceh Selatan. Mereka menilai KIP berlaku tidak adil dan tidak cermat dalam melakukan verifikasi faktual, sehingga telah merugikan kandidat yang mereka dukung.

Protes dan pemaparan dokumen yang disebut sebagai bukti-bukti ketidakcermatan KIP dalam verifikasi faktual itu dipaparkan oleh Badarudin, ketua tim pemenangan pasangan Wahyu M Waly/Irwan, dalam konferensi pers di posko tim pemenangan pasangan dimaksud, di Tapaktuan, Minggu (25/11) siang. Badarudin turut didampingi bakal calon wabup, Irwan SE MSi serta sejumlah pimpinan parpol pendukung pasangan dimaksud.

Badaruddin menyatakan, KIP Aceh Selatan, khususnya Pokja Pencalonan, tidak memverifikasi secara cermat dan sungguh-sungguh terkait legalitas hukum SK kepengurusan Partai Bintang Reformasi (PBR) Aceh Selatan dalam memberikan dukungan terhadap pasangan bakal calon.

Mereka pun menunjukkan sejumlah dokumen yang dinyatakan sebagai bukti ketidakcermatan pihak KIP dalam melakukan verifikasi terhadap keabsahan atau legalitas hukum kepengurusan PBR yang memberikan dukungan kepada bakal calon lain. Dia menegaskan, ketidakcermatan KIP dalam memverifikasi berkas SK kepengurusan PBR yang memberikan dukungan kepada calon lain, telah merugikan pasangan Wahyu M Waly/Irwan.

"Apabila KIP Aceh Selatan cermat dan teliti, maka jumlah dukungan suara untuk pasangan bakal calon bupati/wakil bupati Wahyu M Waly Putra SH/Irwan SE MSi, seharusnya berjumlah 16.276 atau 16,88 persen," kata dia.  

"Sehingga tidak tepat apabila KIP Aceh Selatan menerapkan pasal 94 Nomor 2 Tahun 2012 keputusan KIP Aceh, dijadikan dasar hukum terhadap pasangan Wahyu M Waly Putra SH/Irwan SE Msi. Keputusan KIP tersebut bertentangan dengan Pasal 65 ayat (3) Keputusan KIP Nomor: 2 Tahun 2012," imbuh Wahyu.

Badarudin mengatakan, berdasarkan fakta-fakta hukum yang mereka miliki, sangat jelas bahwa KIP Aceh Selatan telah menzalimi Wahyu/Irwan. Karena itu, Badarudin meminta kepada KIP Aceh Selatan untuk meninjau kembali hasil verifikasi faktual KIP tersebut, demi terciptanya demokratisasi yang baik tanpa merugikan pihak manapun sehingga tidak menjadi permasaalahan hukum di kemudian hari.(tz)

Sudah Sesuai Aturan
KETUA Pokja Pencalonan KIP Aceh Selatan, Jasmiadi Djakfar MSi, menyatakan, proses verifikasi berkas dukungan partai politik (parpol) terhadap seluruh bakal calon bupati/wakil bupati, dilakukan secara cermat serta sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku.

Terkait protes tim pemenangan Wahyu/Irwan yang mempersoalkan keabsahan SK kepenguran PBR Aceh Selatan, Jasmiadi menegaskan, pihaknya telah melakukan proses verifikasi secara formil. Yakni mengonsultasikan dukungan yang disampaikan oleh PBR Aceh Selatan, kepada pimpinan partai di provinsi (DPW) dan pusat (DPP).

"Yang berhak menyatakan pengurus sebuah partai politik di tingkat kabupaten itu sah atau tidak sah adalah pimpinan di tingkat provinsi dan DPP. Nah, ketika kami kroscek dan kami konsultasikan kepada saudara Samsul Bahri SH, selaku Ketua PBR di Provinsi Aceh, menyebutkan bahwa saudara T Saudi lah ketua PBR Aceh Selatan yang sah," ungkap Jasmiadi.

Sementara mengenai pernyataan timses Wahyu/Irwan, bahwa T Saudi terlibat dalam kepengurusan partai lain selain PBR, Jasmiadi menyatakan, tim verifikasi faktual terhadap berkas bakal calon kepala daerah (pilkada), tidak berwenang untuk memverifikasi lebih jauh tentang kepengurusan parpol yang tidak terlibat atau tidak memberikan dukungan terhadap kandidat yang ikut pilkada.(tz)


Anda sedang membaca artikel tentang

Timses Wahyu/Irwan Protes KIP

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2012/11/timses-wahyuirwan-protes-kip.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Timses Wahyu/Irwan Protes KIP

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Timses Wahyu/Irwan Protes KIP

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger