Ikan dan Tanaman di DAS Sungai Simpang Kapal Mati

Written By Unknown on Rabu, 07 November 2012 | 16.24

Rabu, 7 November 2012 14:34 WIB

KUALA SIMPANG - Warga dari tiga desa di Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang, mencemaskan kondisi air sungai Simpang Kapal yang diduga telah tercemar limbah kimia. Pasalnya, dalam sebulan terakhir, warga dari tiga desa itu (Lhok Meudang Ara, Ie Bintah, dan Matang Ara Aceh) kerap menemukan bangkai ikan di sungai tersebut. Bukan itu saja, rumput gajah yang ditanami warga di bantaran sungai juga ikut membusuk.  

Camat Manyak Payed, Ahmad Yani kepada Serambi, Selasa (6/11) mengatakan, berdasarkan laporan warga, pembuangan limbah ke sungai itu sudah terjadi dua kali dalam sebulan terakhir. Selain menyebabkan ikan mati, rumput gajah di bantaran sungai juga ikut membusuk. "Kondisi ini membuat warga resah dan mengadu ke camat," ujarnya.

Pembuangan limbah tersebut diduga terjadi pada saat ketinggian air Sungai Simpang Kapal lebih tinggi dari biasanya. Menurut warga, kata Ahmad Yani, saat air sungai naik, limbah tidak akan terlihat karena saat itu air sungai sedang keruh. "Tidak akan terlihat tanda-tanda perubahan warna air, mungkin karena  sungai banjir sehingga tidak keliatan," ujarnya.

Ahmad Yani mengatakan, air Sungai Simpang Kapal, selama ini digunakan untuk kebutuhan rumah tangga warga di tiga desa tersebut. Selain itu juga mengaliri lahan pertanian dan areal persawahan. Ia menyatakan, saat ini pihaknya  bersama warga tiga desa sedang menelusuri asal limbah yang menyebabkan air sungai tercemar.

Hanya saja, kata Camat, pihaknya belum menemukan ada industri yang menggunakan zat-zat kimia di kawasan aliran Sungai Simpang Kapal. "Kita berharap, jika ada warga yang mengetahui penyebab atau ada yang membuang limbah berbahaya ke dalam sungai, agar memberi kami. Sehingga dapat kita cegah sedini mungkin, sebelum terjadi kerusakan lebih buruk," ujar Ahmad Yani.(md)

---------
Saksikan konser kemanusian untuk Rakyat Palestina bersama Fadly (Padi), Sulis (Cinta Rasul), Tim Nasyid Izzatul Islam dan Rafli Kande, 18 November 2012 di AAC Dayan Dawood.
Infaq dapat juga disalurkan melalui Rek BSM Nomor 707 555 6661 a.n KNRP Aceh | Info: 0877 4757 6844.

Komite Nasional Untuk Rakyat Palestina (KNRP) Aceh adalah lembaga kemanusian yang peduli permasalahan Masjid Al-Aqsa dan isu kemanusian rakyat Palestina.


Anda sedang membaca artikel tentang

Ikan dan Tanaman di DAS Sungai Simpang Kapal Mati

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2012/11/ikan-dan-tanaman-di-das-sungai-simpang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ikan dan Tanaman di DAS Sungai Simpang Kapal Mati

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ikan dan Tanaman di DAS Sungai Simpang Kapal Mati

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger