Manuskrip Hukum Laut dari Pustaka Tun Sri Lanang

Written By Unknown on Minggu, 12 April 2015 | 16.24

OLEH SULAIMAN TRIPA, Dosen Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, melaporkan dari Bangi, Kuala Lumpur

ALHAMDULILLAH, dalam minggu ini saya berkesempatan lagi mengunjungi Perpustakaan Tun Sri Lanang di Universiti Kebangsaan Malaysia. Ibarat kata pepatah, sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui. Saya sedang menikmati pepatah itu di Bangi, Malaysia.

Pasalnya, ketika ingin berangkat ke Jawa Tengah, seorang teman yang sedang kuliah di Bangi (Kuala Lumpur) menyarankan saya memilih jalur negeri tetangga. Jadi singkatnya, perjalanan ke Jawa ini melewati negara Malaysia. Selain banyak yang bisa dilihat dan didapat, ternyata harga tiketnya pun lebih murah. Seandainya mau berangkat dalam satu hari pun, ada banyak pilihan pesawat yang bisa connect dari Aceh.

Kepentingan awalnya sederhana saja, ingin melancong. Karena sudah beberapa kali ke pustaka ini dan setiap ke pustaka tersebut selalu menghasilkan tulisan, kunjungan kali ini juga harapannya demikian. Maka saya menggunakan kesempatan tersebut untuk menulis.

Di sini saya mendapat banyak bantuan dari mahasiswa Aceh yang sedang kuliah, baik sarjana, magister, maupun doktoral. Sejak hari pertama datang, beberapa mahasiswa yang saya kenal bertemu di pustaka. Mungkin karena tahu saya membutuhkan beberapa data tentang hukum di Aceh pada masa dulu, masing-masing mereka pun menawarkan bantuan.

Sebelumnya, dengan bantuan mereka juga, saya mendapatkan beberapa hasil kajian mengenai Majlis-majlis Acheh. Kali ini, saya mendapatkan satu manuskrip tentang hukum laut. Isi manuskrip ini belum saya alihbahasakan seluruhnya, karena dalam beberapa hal saya harus meminta bantuan mereka yang menguasai maknanya.

Manuskrip ini sangat penting bagi saya yang sudah menulis beberapa artikel tentang perikanan, pesisir, dan hukum adat laut. Isi manuskrip ini, antara lain, tentang bagaimana otoritas hukum di Aceh dulu mengatur tentang laut. Kalau dari beberapa keterangan yang saya tangkap, sebenarnya tidak sebatas pada apa yang kita kenal sekarang dengan kelautan semata.


Anda sedang membaca artikel tentang

Manuskrip Hukum Laut dari Pustaka Tun Sri Lanang

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2015/04/manuskrip-hukum-laut-dari-pustaka-tun.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Manuskrip Hukum Laut dari Pustaka Tun Sri Lanang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Manuskrip Hukum Laut dari Pustaka Tun Sri Lanang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger