Banjir Bandang Terjang Empat Desa di Bintang

Written By Unknown on Senin, 13 April 2015 | 16.24

TAKENGON - Setidaknya empat desa di Kecamatan Bintang, Aceh Tengah diterjang banjir bandang menyusul hujan deras yang mengguyur kawasan itu sejak Minggu (12/4) sore. Desa-desa yang terimbas yaitu Gele Pulo, Kuala I, Linung Bulen I, dan Linung Bulen II.

Camat Bintang, Bihari Muslim hingga pukul 00.00 WIB tadi malam masih berada di desa-desa yang terimbas banjir untuk mengkoordinir upaya penanggulangan korban. "Hujan sudah reda total. Air yang sempat merendam beberapa wilayah perkampungan juga sudah surut. Alhamdulillah tidak ada kerusakan parah dan tidak ada korban jiwa," kata Bihari Muslim yang dihubungi Serambi melalui telepon selularnya.

Menurut Camat Bintang, hujan yang mengguyur sejak Minggu sore kemarin menyebabkan terjangan banjir bandang dari pegunungan. Air yang turun dari gunung tersebut tak mampu dibendung oleh aliran sungai sehingga meluap ke sejumlah wilayah permukiman. Sungai yang meluap itu, menurut Camat Bintang adalah Air Uning Ayangan di wilayah Kampung Kuala I. "Memang sempat merendam permukiman tetapi tidak menimbulkan kerusakan berarti," ujar Camat Bintang.

Menurut pendataan semantara, wilayah yang sempat diterjang banjir bandang adalah Kampung Gele Pulo menyebabkan tiga rumah terendam, Kampung Kuala I sebanyak empat rumah mengalami kerusakan, dan Linung Bulen I serta Linung Bulen II tergenang.

Dampak dari terjangan banjir bandang itu, ada empat kepala keluarga dari Kampung Kuala I yang harus diungsikan ke penampungan sementara karena rumah mereka yang bersisian langsung dengan aliran sungai Air Uning Ayangan mengalami kerusakan.

Tadi malam, tim Dinas Sosial Aceh Tengah sudah berada di lokasi bencana sedangkan tim BPBD dijadwalkan turun pagi ini, Senin (13/4) bersama unsur pimpinan daerah untuk memantau langsung kondisi di lapangan sekaligus menyalurkan bantuan.(nas)


Anda sedang membaca artikel tentang

Banjir Bandang Terjang Empat Desa di Bintang

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2015/04/banjir-bandang-terjang-empat-desa-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Banjir Bandang Terjang Empat Desa di Bintang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Banjir Bandang Terjang Empat Desa di Bintang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger