Tiga Bom Bunuh Diri Tewaskan 142 Jamaah Shalat Jumat

Written By Unknown on Minggu, 22 Maret 2015 | 16.24

SANAA -  Tiga bom bunuh diri yang diklaim oleh militan Negara Islam dan Suriah (ISIS) menewaskan sedikitnya 142 orang dan melukai sekitar 351 lainnya saat melaksanakan shalat Jumat (20/3) di masjid Syiah di ibukota Yaman, Sanaa. Sebuah kelompok yang mengaku sebagai cabang Yaman ISIS mengatakan melakukan bom di masjid Syiah memperingatkan kelompok pemberontak Houthi yang telah mengendalikan ibukota Sanaa.

Jika benar, pemboman Jumat akan menjadi yang pertama serangan besar oleh pendukung ISIS di Yaman dan tanda kelompok yang memegang banyak Irak dan Suriah telah menyebar ke beberapa negara. Klaim telah diposting di stus afiliasi ISIS di Libya atas serangan mematikan Rabu di sebuah museum di Tunisia. Kehadiran pendukung ISIS akan menambahkan elemen baru yang mengkhawatirkan gejolak di negara terpecah ini, dimana tempat jaringan Al-Qaeda terkuat  di Semenanjung Arab.

Tiga serangan bom bunuh diri juga menewaskan sejumlah anggota milisi Syiah Houthi yang menguasai kota itu saat menyesaki dua masjid saat salat Jumat, kata paramedis seperti dikutip AFP, Sabtu (21/3). Satu serangan bom bunuh diri menghantam ruangan dalam Masjid Badr di Sanaa selatan, sedangkan satu serangan bom lainnya menyasar orang-orang yang beribadah shalat Jumat yang berusaha keluar dari masjid, sambung para saksi mata.

Bom bunuh diri ketiga menghantam Masjid Al-Hashahush di Sanaa utara. Televisi Al-Massira milik milisi Houthi melaporkan rumah sakit-rumah sakit di Sanaa ramai membuka pos-pos donor darah. Ulama utama milisi Houthi Al-Murtada bin Zayd al-Muhatwari, yang juga iman Masjid Badr, adalah di antara yang terbunuh. Paramedis di tiga rumah sakit utama di Sanaa menyatakan telah menghitung 100 lebih mayat dan ratusan korban luka-luka.

Cuplikan video yang ditayangkan Al-Massira menunjukkan mayat-mayat terbaring di lautan darah di luar masjid setelah orang-orang yang sedang shalat Jumat melarikan yang terluka ke rumah sakit dengan truk-truk pikap. Sedangkan satu serangan bom bunuh diri lainnya terjadi di luar sebuah masjid di basis utama milisi Huthi di Saada, namun aksi ini hanya menewaskan pelaku bom bunuh diri semata.

Di masjid Badr, pelaku bom pertama tertangkap oleh penjaga pintu gerbang masjid, tempat dia meledakkan dirinya. Dalam kepanikan, seorang pembom kedua memasuki masjid dan meledakkan dirinya di tengah kerumunan, menurut kantor berita resmi SABA.

"Aku jatuh ke tanah dan ketika sadar, saya terbaring di sebuah danau darah," kata salah satu korban, Ahmad al-Gabri, kepada AP. Dua jamaah di sampingnya tewas dalam ledakan, lainnya meninggal ketika salah satu kaca besar masjid jatuh, kata Gabri. Korban lainnya, Sadek al-Harithi, mengatakan ledakan seperti gempa bumi di mana tanah bergetar.


Anda sedang membaca artikel tentang

Tiga Bom Bunuh Diri Tewaskan 142 Jamaah Shalat Jumat

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2015/03/tiga-bom-bunuh-diri-tewaskan-142-jamaah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tiga Bom Bunuh Diri Tewaskan 142 Jamaah Shalat Jumat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tiga Bom Bunuh Diri Tewaskan 142 Jamaah Shalat Jumat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger