Pengemis Kantongi Paspor dan Ringgit

Written By Unknown on Jumat, 20 Maret 2015 | 16.24

* Punya Emas untuk Mahar Kawin

BANDA ACEH - Siapa bilang pengemis itu kere dan kumal?  Di Banda Aceh justru ada pengemis yang hidupnya glamour. Fakta itu terungkap saat tim gabungan melakukan penertiban di Masjid Raya Baiturrahman, Rabu (18/3) sore dan menemukan satu dari tujuh pengemis yang terjaring razia itu memiliki paspor, emas, uang lembaran ringgit Malaysia serta belasan lembar uang Rp 50.000 dan Rp 100.000. (Lihat: Pengemis yang Terjaring)  

"Ini mencengangkan. Betul-betul di luar dugaan," kata Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Kadissonaker) Kota Banda Aceh, Drs Tarmizi Yahya MM, kepada Serambi, Kamis (19/3). Razia itu dilakukan petugas gabungan dari Satpol PP bersama Muspika Baiturrahman.

Di sejumlah titik yang dicurigai, kata Tarmizi, kerap ada pengemis yang meminta-minta pada pengguna jalan, yakni di pemberhentian lampu lalu lintas atau traffic light kawasan Simpang Kodim dan Simpang Surabaya tetap disambangi.

Namun, anehnya di dua lokasi itu, tak ada seorang pun pengemis yang ditemui berada di sekitar traffic light. Dugaan terkait akan datangnya petugas diyakini bocor.

Karena tak ada yang terjaring, petugas bergeser ke Masjid Raya Baiturrahman. Pada saat tiba di masjid kebanggaan rakyat Aceh itu petugas langsung membelah diri jadi dua tim, masing-masing masuk melalui pintu kiri dan kanan masjid. "Di sanalah tujuh pengemis terjaring dan satu di antara mereka itulah yang memiliki paspor atas nama Sofyan Suri (35) asal Kota Lhokseumawe. Bukan hanya itu, padanya juga kami dapati 52 uang lembaran ringgit Malaysia, uang pecahan 50.000 dan 100.000 sebanyak Rp 1,6 juta serta emas 3,3 gram," ujar Tarmizi.

Hal yang mencengangkan, sebut Tarmizi didampingi Kasubbag Hubungan Kelembagaan dan Media Setdako Banda Aceh, Mahdi Andela MM, emas yang ditemukan pada Sofyan Suri, akan digunakannya sebagai mahar pernikahannya. "Ini bukanlah penangkapan, melainkan mereka dikumpulkan dan akan dibina di sana. Setelah memperoleh kemampuan, mereka akan dikembalikan ke keluarganya dengan harapan mereka dapat hidup mandiri dengan usahannya. Kini para pengemis itu barada di penampungan Ladong, Aceh Besar, milik Dinas Sosial Aceh," ungkap Tarmizi.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pengemis Kantongi Paspor dan Ringgit

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2015/03/pengemis-kantongi-paspor-dan-ringgit.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pengemis Kantongi Paspor dan Ringgit

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pengemis Kantongi Paspor dan Ringgit

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger