Hukuman ala Kasatpol PP bukan Pembinaan, tapi Penghinaan

Written By Unknown on Selasa, 10 Maret 2015 | 16.24

* Korban tak Mau Berdamai

BANDA ACEH - Sosiolog yang juga Dosen Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (FH Unsyiah), Saifuddin Bantasyam SH MA menilai, tindakan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Kasatpol PP dan WH) Aceh Barat, Teuku Samsul Alam terhadap stafnya, Roni Periansyah, bukanlah pembinaan, melainkan penghinaan.

"Menyuruh bawahan memungut puntung rokok dari tanah menggunakan mulut, lalu menendang perutnya, sulit kita terima sebagai bagian dari upaya pembinaan seperti diutarakan Kasatpol PP dan WH Aceh Barat. Menurut saya, itu bukan pembinaan, tapi justru penghinaan, untuk mempermalukan bawahannya," kata Saifuddin di Banda Aceh, Senin (9/3) kemarin.

Hal itu ia sampaikan saat talkshow cakrawala membedah Salam (editorial) Serambi Indonesia dengan tema "Menghukum Perokok pun Seharusnya Proporsional". Dialog interaktif itu berlangsung pagi di Radio Serambi FM 90,2 Mhz dengan Redpel Serambi Indonesia, Yarmen Dinamika yang dipandu oleh host, Nico Firza.

Saifuddin juga mempertanyakan legalitas dari tindakan Kasatpol PP Aceh Barat itu. "Jangan menghukum anak buah di luar aturan. Kekuasaan itu tidak boleh digunakan sekehendak hati," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan terdahulu, sang Kasatpol PP memergoki anak buahnya, Roni Periansyah, membuang puntung rokok di pekarangan kantor. Ia diharuskan sang atasan memungut kembali puntung rokok itu dengan mulut. Setelah itu, Roni disuruh berdiri tegap, lalu ditendang sekali di perutnya. Roni tak terima diperlakukan seperti itu, lalu mengadu ke polisi. Sehari kemudian, Teuku Samsul Alam menyatakan apa yang dilakukannya itu bagian dari pembinaan.

Menurut Saifuddin, meskipun personel Satpol PP itu terbukti berbuat teledor membuang puntung rokok sembarangan, tapi menghukum fisik serta membuat malu sang bawahan adalah bagian dari tindakan premanisme.


Anda sedang membaca artikel tentang

Hukuman ala Kasatpol PP bukan Pembinaan, tapi Penghinaan

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2015/03/hukuman-ala-kasatpol-pp-bukan-pembinaan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hukuman ala Kasatpol PP bukan Pembinaan, tapi Penghinaan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hukuman ala Kasatpol PP bukan Pembinaan, tapi Penghinaan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger