Berwarna Biru Kristal, Batu Ini Banyak Diminati Jenderal dan Kalangan Artis

Written By Unknown on Rabu, 18 Maret 2015 | 16.24

SERAMBINEWS.COM, BANDUNG - Setiap daerah di Indonesia memiliki varian batu akik lain yang cantik dan berkualitas. Salah satunya, Sumatera Selatan. Ada satu jenis batu akik yang saat ini tengah menjadi primadona. Batu tersebut bernama Baturaja Biru atau yang akrab disebut Spiritus Baturaja.

Sesuai nama panggilannya, batu akik jenis Calcedony ini memiliki ciri khas berwarna biru kristal dengan kekerasan mencapai 7 mohs. Untuk batu kualitas super dengan warna biru tua yang menyerupai warna cairan spiritus, batu dengan 'grade' paling tinggi dan memiliki harga paling tinggi pula.

Belum banyak orang yang bermain dalam bisnis batu akik jenis ini. Adalah Zoem Putra Gading, pria yang pertama kali mempopulerkan batu akik Spiritus Baturaja. Lantaran menjadi orang pertama dan yang paling banyak memiliki bongkahan batu biru ini, dia dikenal sebagai 'Pangeran Biru' dari Baturaja di kalangan para kolektor batu akik.

"Batu spiritus ini cuma ada di satu kecamatan, tepatnya di (Kecamatan) Lengkiti, Baturaja." ungkap Zoem di Kiaracondong, Kota Bandung, Selasa (18/3/2015), dilansir Kompas.com.

Batu Spiritus Baturaja ini sebenarnya bukan jenis baru. Sejak tahun 60-an, batu akik ini sudah dikenal. Hanya saja, bahan batu ini tidak sebanyak batu akik lainnya yang bisa mencapai puluhan ton dalam satu bongkahan.

Dalam satu kali penggalian, paling besar batu akik ini mungkin hanya didapat sebesar kepalan tangan orang dewasa. Dari sekepalan bongkah batu mentah hanya sedikit batu akik Spiritus Baturaja kualitas super yang bisa didapat. Faktor ini pula yang membuat batu akik biru ini menjadi mahal di pasaran.

"Karena bahannya sedikit dan langka. Ini yang membuat batu akik ini menjadi istimewa," tuturnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Berwarna Biru Kristal, Batu Ini Banyak Diminati Jenderal dan Kalangan Artis

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2015/03/berwarna-biru-kristal-batu-ini-banyak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Berwarna Biru Kristal, Batu Ini Banyak Diminati Jenderal dan Kalangan Artis

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Berwarna Biru Kristal, Batu Ini Banyak Diminati Jenderal dan Kalangan Artis

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger