Titik Longsor Baru Muncul di Dusun Bidari

Written By Unknown on Senin, 09 Februari 2015 | 16.24

BANDA ACEH - Tim Geologi Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Aceh menemukan titik longsor baru di Dusun Bidari, Gampong Leubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, yang lokasinya berbatasan langsung dengan pagar sumur migas Cluster D1 milik ExxonMobil. Ini menandakan, dusun tersebut semakin rawan longsor dan tak layak lagi sebagai tempat hunian.

Hal itu disampaikan Kepala Distamben Aceh, Ir Said Ikhsan MSi kepada Serambi, Minggu (11/2) siang, setelah rapat dengan tim geologi dinas tersebut yang turun ke Dusun Bidari. Selain Said Ikhsan, dalam tim itu ikut Jarot dan dua stafnya. Mereka turun pada hari Sabtu (7/2) atas perintah Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah menyikapi pemberitaan Serambi, 4 Februari lalu tentang amblasnya sebagian tanah permukiman warga di Dusun Bidari.

Berdasarkan hasil penelitian tim geologi di kawasan itu pada hari Sabtu (7/2), disimpulkan bahwa tanah longsor di Dusun Bidari itu masih terus bergerak aktif. Bahkan jika terjadi hujan deras, maka tanah yang retak dan renggang itu kembali longsor ke arah permukiman penduduk, setelah terisi air hujan.

"Oleh karenanya, kita peringatkan penduduk agar lebih berhati-hati (waspada tinggi) dalam menyikapi ancaman susulan bahaya tanah longsor yang akan menimpa permukiman mereka," kata Said.

Dusun tersebut, menurut Said, pada 18 Desember 2008 pernah longsor. Tanah di permukiman warganya retak dan renggang, sehingga 33 dari 162 kepala keluarga (KK) penduduk dusun itu harus direlokasi ke tempat yang lebih aman dari ancaman longsor.

Relokasi itu dilakukan karena tanah rumah warga sudah tak layak lagi dihuni. Lantai rumah warga banyak yang retak dan renggang antara 50 hingga 100 cm. Faktor utama rumah dan tanah permukiman penduduk itu retak dan renggang, tak lain karena tanahnya labil dan longsor.

Enam tahun berselang, bencana tanah longsor di lokasi yang sama kembali terjadi, tepatnya pada 22 Desember 2014. Kemudian, pada akhir Januari dan awal Februari 2015, setelah hujan deras, tanah yang pernah longsor itu kembali bergerak, sehingga membuat retakan tambah besar, dari 30 menjadi 50-100 cm. Areal tanah longsor pun kian panjang dan lebar.


Anda sedang membaca artikel tentang

Titik Longsor Baru Muncul di Dusun Bidari

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2015/02/titik-longsor-baru-muncul-di-dusun.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Titik Longsor Baru Muncul di Dusun Bidari

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Titik Longsor Baru Muncul di Dusun Bidari

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger