Sketsa Indah Negeri Senja

Written By Unknown on Sabtu, 31 Januari 2015 | 16.25

AZHARI MULYANA, alumnus MAS Ulumul Qur'an Langsa, Mahasiswa Jurusan Islamic Studies, Faculté des Lettres et Sciences Humaines Université Hassan II, Casablanca, melaporkan dari Maroko

MAROKO adalah negara Islam yang berada di Afrika Utara dan berbatasan langsung dengan Spanyol yang hanya dipisahkan oleh Selat Gibraltar. Sampai saat ini negara dengan sebutan Maghrib (Negeri Matahari Terbenam) ini tidak begitu masyhur di kalangan masyarakat Indonesia, malah kebanyakan mereka mengira negara ini terletak di Timur Tengah seperti negara-negara Arab pada umumnya.

Berbeda dengan negara lain, Maroko sebagai negara kerajaan memiliki dua ibu kota negara, yaitu Rabat sebagai ibu kota administrasi dan Casablanca sebagai ibu kota industri. Tak heran kalau kedua kota ini terlihat lebih ramai dan padat penduduknya, sehingga membuat suhu udara keduanya sedikit lebih tinggi saat musim dingin dibandingkan kota lain disebabkan oleh polusi. Kami sering menyebut kedua kota ini sebagai "Jakarta"nya Maroko.

Menariknya, istana raja bisa kita dapati di setiap kota di Maroko, tidak seperti Indonesia yang hanya menempatkan istana presiden hanya di ibu kota negara atau tempat tertentu saja.

Casablanca yang menjadi tempat rantauan saya untuk mewujudkan impian saat ini juga memiliki keunikan tersendiri dibandingkan kota-kota lain yang berada di Maroko.

Secara etimologi 'Casablanca' berasal dari bahasa Prancis yang mengandung arti Rumah Putih atau Ad-darul Baidha' (dalam bahasa Arab). Menurut pendapat sebagian masyarakat Maroko, dinamakan Casablanca karena kebanyakan gedung dan bangunan di kota ini berwarna putih, sehingga tampak lebih bersih dan rapi.

Sabtu pekan lalu saya menuju Casablanca. Dari tempat saya tinggal kotaini lumayan jauh dan harus ditempuh dengan bus kota sebagai transportasi yang sangat relevan untuk masyarakat ekonomi kelas bawah. Masing-masing nomor bus di kota ini sesuai dengan jalur yang ditujunya. Biasanya saya menumpangi bus nomor 22 untuk menuju ke kota. Bisa juga naik petit taksi (taksi kecil), namun harganya sangat tinggi untuk jarak yang jauh.


Anda sedang membaca artikel tentang

Sketsa Indah Negeri Senja

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2015/01/sketsa-indah-negeri-senja.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sketsa Indah Negeri Senja

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sketsa Indah Negeri Senja

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger