Warga Aceh di Jakarta Kenang 10 Tahun Tsunami di Lapangan Golf

Written By Unknown on Senin, 22 Desember 2014 | 16.24

JAKARTA - Masyarakat Aceh di Jakarta, mengenang peristiwa tsunami atau smong yang terjadi 10 tahun lalu di Jakarta Golf Club, Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu (20/12) malam. Kegiatan itu dihadiri perwakilan negara sahabat dan relawan menampilan pertunjukan seni dan pemutaran video bencana 26 Desember 2014.

Ketua Perkumpulan Masyarakat Aceh di Jakarta, Taman Iskandar Muda (TIM), Surya Darma mengatakan, peringatan tersebut sebagai momentum ucapan terima kasih kepada dunia yang telah membantu Aceh.

"Tsunami di Aceh telah memperlihatkan solidaritas sosial yang luar biasa.  Para relawan tidak lagi mementingkan batas negara, adat istiadat, budaya dan lintas agama," kata Surya.

Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian), Sofyan A Djalil menyebutkan, yang menjadi tantangan Aceh pascatsunami adalah bagaimana kebijakan publik dapat berjalan maksimal dan membantu peningkatan kualitas hidup masyarakat. "Pemerintah Aceh harus memiliki program pembangunan yang lebih baik, ditambah kemampuan eksekusi," ujar Sofyan.

Sofyan mengakui Aceh saat ini lebih baik, terutama dalam masa pemulihan pascatsunami. Ia mengatakan, tingkat perekonomian Aceh seharusnya sudah bisa menyamai daerah-daerah lainnya, seperti di wilayah Indonesia Timur. Menurutnya, Aceh dapat meniru Sulawesi Selatan, yang tingkat pertumbuhan ekonominya mencapai 7,4 persen.

Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, mengatakan, banyaknya relawan dari berbagai negara, NGO, badan usaha, juga militer menimbulkan kesatuan dan menghilangkan konflik. "Keterlibatan mereka ikut membangun Aceh menjadi lebih baik," kata Azwar yang menjabat Pelaksana Tugas Gubernur Aceh saat tsunami 2004.

Peringatan 10 tahun tsunami tersebut diisi beberapa pergelaran seni Aceh, seperti Seudati, Saman, dan pembacaan puisi oleh Fikar W Eda. Di antara tamu undangan terlihat perwakilan dari USAID, UNDP, PMI, dan Walubi.(fik)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Warga Aceh di Jakarta Kenang 10 Tahun Tsunami di Lapangan Golf

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/12/warga-aceh-di-jakarta-kenang-10-tahun.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Warga Aceh di Jakarta Kenang 10 Tahun Tsunami di Lapangan Golf

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Warga Aceh di Jakarta Kenang 10 Tahun Tsunami di Lapangan Golf

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger