Tanggul Pengaman Tebing Krueng Baru Jebol

Written By Unknown on Senin, 03 November 2014 | 16.25

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM,BLANGPIDIE - Seluruh aliran sungai besar dan kecil di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), kembali meluap setelah diguyur hujan yang berlanjut, Senin (3/11/2014) pagi.

Camat Lembah Sabil, TR Syahril, dihubungi Serambinews.com menjelaskan, tanggul pengaman tebing Krueng Baru jebol sepanjang sekitar 150 meter di lokasi Desa Gelanggang Batee, dalam peristiwa meluap sungai tersebut, Senin pagi.

Peristiwa tersebut, menurut Camat TR Syahril, belum berdampak banjir dalam pemukiman penduduk, karena air luapan dari tanggul yang jebol, merayap dalam areal pantai, kecuali curah hujan semakin tinggi, maka dikhawatir banjir luapan melanda Desa Geulanggang Batee, Kuta Paya dan Ujong Tanoh.

Sementara Camat Tangan-Tangan, Ruslan Adly, melaporkan hujan mengguyur Senin pagi, mengakibatkan luapan aliran sungai Tangan-Tangan. Luapan menggenangi areal perkampungan dan belasan rumah penduduk Desa Masjid atau lokasi perbatasan dengan Desa Padang Kawa. "Permukaan air sudah surut dan petugas BPBK Abdya juga sudah turun ke lokasi," ungkap Camat Ruslan Aldy yang berada di Desa Masjid.

Sementara Camat Babahrot, Jailani, melaporkan permukaan air Krueng Ie Mirah semakin tinggi akibat hujan Senin pagi. Dampaknya, banjir genangan yang mengepung Dusun Kubang Gajah atau perumahan Komunitas Adat Tertinggal (KAT) sejak Minggu (2/11/2014) dinihari, semakin tinggi. Pun bengitu, menurut Camat Jailani, sekitar 80 KK warga Dusun Kubang Gajah, Desa Ie Mirah, belum bersedia menggungsi. Sementara Camat Babahrot, Jailani, dan Dandim 0110 Abdya, Letkol Inf Suhartono, tampak stanbay di Simpang Jalan 30 dan  Simpang Ie Mirah menuju Terangon, untuk memantau perkembangan di lapanan. Beberapa rumah warga Desa Persiapan Blang Raja, juga sempat terendam dari limpahan air saluran induk irigasi teknis Babahrot.

Peristiwa banjir genangan dan luapan aliran sungai terjadi dimana-mana di  Kabupaten Abdya. Guyuran hujan intensitas sedang dan lebat terjadi di Abdya sejak Sabtu (1/11/2014)) sore, berlanjut Senin (3/11/2014) pagi.

Permukaan air  sejumlah sungai besar dan sedang di kawasan Abdya, semakin tinggi, kemudian meluap menggenangi pemukiman, lahan pertanian dan perkebunan lokasi sekitar.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Tanggul Pengaman Tebing Krueng Baru Jebol

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/11/tanggul-pengaman-tebing-krueng-baru.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tanggul Pengaman Tebing Krueng Baru Jebol

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tanggul Pengaman Tebing Krueng Baru Jebol

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger