Indonesia Pemasok Tunggal Yamaha R3 Seluruh Dunia

Written By Unknown on Jumat, 17 Oktober 2014 | 16.24

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Setelah model baru YZF-R3 resmi diperkenalkan di AIMExpo, California, Amerika Serikat, Kamis (16/10/2014), Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Jumat (17/10/2014) yang dilansir Kontan.co.id, mengumumkan, tunggangan sport versi 321 cc dari basis R25 itu diproduksi di Indonesia.

Artinya, Indonesia didaulat menjadi pemasok tunggal seluruh unit R25 dan R3 untuk semua negara. Keterangan ini diberikan selepas YIMM meresmikan ekspor perdana 120 unit ke Jepang di kantor pusat YIMM di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

M. Abidin GM Service dan Motorsport YIMM menjelaskan, R25 memang dikembangkan agar kapasitas mesin bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan R3. Sebagian besar spesifikasi R3 mengikuti R25 kecuali bagian mesin, program ECU, dan berbagai komponen yang perlu disesuaikan untuk masing-masing negara.

Dari klaim spesifikasi, tenaga R3 mencapai 42 tk sedangkan R25 hanya 35 tk. Fitur tambahan lain khusus pasar Eropa adalah sistem pengereman roda depan dilengkapi ABS.

Dari skala ekonomi, Abidin menjelaskan, lebih murah memproduksi keluarga baru R-Series ini di Indonesia lalu mengirimkannya sebagai unit ekspor ketimbang harus diproduksi di Amerika Serikat atau negara Eropa.

"Bukan masalah pasokan komponen, tapi upah buruh di sini lebih murah," ujar Abidin.

Unit-unit R3 telah diproduksi di fasilitas YIMM di Pulo Gadung, termasuk yang sekarang menjadi model pamer di AIMExpo dan banyak unit lain yang digunakan untuk proses homologasi. Kondisi sekarang hanya tinggal menunggung permintaan pasar untuk mulai distribusi ke luar Indonesia.

"Semuanya sudah siap, kalau mereka mau kita tinggal kirim," imbuh Abidin yang juga menjelaskan, negara pertama yang akan mendapatkan R3 di Eropa adalah Belanda sebab kantor pusat Yamaha Eropa berada di sana.


Anda sedang membaca artikel tentang

Indonesia Pemasok Tunggal Yamaha R3 Seluruh Dunia

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/10/indonesia-pemasok-tunggal-yamaha-r3.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Indonesia Pemasok Tunggal Yamaha R3 Seluruh Dunia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Indonesia Pemasok Tunggal Yamaha R3 Seluruh Dunia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger