Empat Warga Langsa Kota Terjangkit DBD

Written By Unknown on Senin, 27 Oktober 2014 | 16.24

LANGSA - Sejak sebulan terakhir empat warga di Kecamatan Langsa Kota, positiff terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD), yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegepty.

Kepala Puskesmas Langsa Kota, dr T Chik M Iqbal Fauriza, kepada Serambi Minggu (26/10) mengatakan, seiring musim hujan yang terjadi di Kota Langsa dan khususnya wilayah kerja Puskesmas Langsa Kota, telah menyebabkan tejadinya jangkitan kasus DBD.

Dijelaskan, sejak satu bulan terakhir Puskesmas Langsa Kota sudah menangani empat warga terkena penyakit DBD. Pertama terjadi di Gampong Teungoh tiga kasus, plus astu kasus Gampong Meutia. Menyikapi kasus DBD terbaru dan masih terjadinya cuaca hujan. Pihaknya telah menginstruksikan kepada petugas Puskesmas Langsa Kota, untuk melakukan penyelidikan epidemologi.

Selain itu melakukan foging (pengasapan) di sekitar rumah korban yang terjangkit penyakit DBD. Dirinya juga mengingatkan kewaspadaan dini terhadap Kasus Luar Biasa (KLB) DBD. Kepada masyarakat juga diminya agar benar-benar menjaga kebersihan, terutama di lingkungan sekitar tempat tinggalnya, dari perkembang biayakan nyamuk DBD.

Sementara untuk mencegah meningkatnya kasus DBD, Puskesmas mengajak kerjasama dan koordinasi dengan lintas sektor, dalam melakukan gotong royong di permukiman pendudukan. Dalam rangka pemberantasan sarang nyamuk aedes aegepty, melalui kegiatan 3M Plus yaitu menguras bak penampungan air,menutup wadah yang terbuka agar nyamuk tidak bersarang didalamnya, dan mengubur barang dan botol bekas.

Diharapkan masyarakat agar meningkat sistem kewaspadaan dini, dengan pelaporan W1 (1X 24 jam) kepada bidan desa. Bidan desa akan berkoordinasi dengan petugas survailance puskesmas, menindak lanjutinya, agar tidak terjadi kematian akibat DBD.(zb)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Empat Warga Langsa Kota Terjangkit DBD

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/10/empat-warga-langsa-kota-terjangkit-dbd.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Empat Warga Langsa Kota Terjangkit DBD

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Empat Warga Langsa Kota Terjangkit DBD

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger