Zaini Janji Tindak SKPA Lamban

Written By Unknown on Rabu, 24 September 2014 | 16.24

* Kecewa, Banyak Kontrak Proyek belum Diteken

SIGLI - Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah menyiratkan kekecewaan yang mendalam karena realisasi sebagian besar proyek pembangunan 2014 yang barusan ia tinjau di wilayah Aceh Utara, Bireuen, Pidie Jaya, dan Pidie, masih di bawah target. Malah banyak proyek yang sumber dananya dari APBA dan Otonomi Khusus (Otsus) 2014 belum ditender, padahal sekarang hampir masuk bulan Oktober.

Oleh karenanya, Zaini berjanji akan menindak para kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) berkinerja lamban yang, antara lain, tercermin dari rendahnya realisasi volume pekerjaan pada paket proyek di kabupaten/kota yang menjadi tanggung jawab kepala SKPA bersangkutan.

"Saya akan ambil tindakan tegas terhadap kepala SKPA yang tidak komit menjalankan program pemerintah," kata Gubernur Zaini Abdullah saat meninjau pembangunan Masjid Raya Jiem-Jiem di Kecamatan Keumala, Kabupaten Pidie, Selasa (23/9).

Salah satu SKPA yang dinilai Zaini belum memberi kontribusi positif atas pelaksanaan proyek di lapangan adalah Dinas Pendidikan Aceh. "Misalnya di Dinas Pendidikan, saya dengar tadi bagitu. Untuk itu, saya sudah memberi tahu kepada Biro Pembangunan untuk mencari tahu di mana hambatannya agar dicarikan solusi. Jangankan terealisasi tepat waktu, teken kontrak juga belum dilakukan. Ini sesuatu yang fatal bagi rencana pembangunan," tegas Zaini.

Pihaknya mengaku sejauh ini belum tahu di mana letak kendala dan masalah sehingga banyak proyek yang belum diteken kontraknya. "Mungkin kepala dinasnya concern. Tapi (pejabat) eselon III dan IV ada yang main-main," katanya dengan mimik kecewa.

Oleh karenanya, kata Zaini, "Saya akan terus mengawasi dan memberi peringatan keras. Saya juga akan ambil tindakan tegas."

Menurut Gubernur Zaini, setiap rupiah uang rakyat yang dikeluarkan, seharusnya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tapi kenyataannya, banyak uang yang dikucurkan dalam bentuk proyek pembangunan belum dapat sepenuhnya memberi manfaat kepada masyarakat karena proses pembangunannya yang tidak beres.

"Satu rupiah uang yang dikeluarkan dari anggaran Otsus dan Migas harus digunakan untuk kepentingan rakyat. Jangan hanya melihat dari segi serapannya saja, merah atau hijau. Tapi lihatlah seberapa besar sudah manfaatnya bagi rakyat. Itu yang kita inginkan," tegas Zaini.

Di Pidie kemarin, Gubernur Zaini didampingi Bupati Sarjani meninjau realisasi proyek APBA dan Otsus 2014 di tiga kecamatan: Sakti, Keumala dan Padang Tiji. Di Kecamatan Keumala Zaini meninjau pembangunan Masjid Raya Jiem-Jiem. Untuk masjid ini telah dianggarkan dana tahap pertama Rp 8,4 miliar, tahap kedua Rp 4,750 miliar yang bersumber dari APBA 2014. Tapi Gubernur Zaini belum puas melihat progress pembangunan masjid tersebut.

"Saya harap tiang masjid yang belum dibangun secara sempurna, harus diperbaiki kembali," kata Zaini kepada rekanan proyek saat meninjau pembangunan masjid itu.

Gubernur Zaini dan rombongan juga meninjau Puskesmas Padang Tiji, Pidie, serta pembangunan jogging track senilai Rp 1,2 miliar di Taman Hutan Raya (Tahura) Pocut Meurah Intan. Proyek yang terletak di Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Pidie itu sumber dananya berasal dari APBA 2014.

Seusai kunjungan kerja di Pidie, Doto Zaini meninjau Puskesmas Kecamatan Kuta Cot Glie di Aceh Besar, sekaligus meresmikan perluasan padang penggembalaan di beberapa kecamatan dalam Kabupaten Aceh Besar senilai Rp 1,4 miliar. Sumber dananya dari APBA-Otsus.

Begitupun, Gubernur Zaini menilai positif realisasi fisik sejumlah proyek yang ditinjaunya dalam tiga hari terakhir, sejak Minggu (21/9) lalu.

"Apa yang sudah kita lihat sekarang mulai dari Aceh Utara, Bireuen, Lhokseumawe, Pidie Jaya, dan Pidie sudah banyak yang sesuai target. Tapi banyak juga yang belum selesai, terutama dalam hal teken kontrak. Ini sesuatu yang fatal," ujarnya.

Sebelum meninjau proyek lapangan di Aceh Besar, Gubernur Zaini dijamu makan siang di Meuligoe Bupati di kota Jantho. Kemudian, Zaini mendengarkan paparan realisasi berbagai proyek pembangunan di Aceh Besar oleh Kepala P2K dr Taqwallah MKes didampingi Bupati Mukhlis Basyah dan jajaran SKPK Aceh Besar. (sar/naz)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Zaini Janji Tindak SKPA Lamban

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/09/zaini-janji-tindak-skpa-lamban.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Zaini Janji Tindak SKPA Lamban

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Zaini Janji Tindak SKPA Lamban

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger