Enam Kecamatan Jadi Sentra Peternakan

Written By Unknown on Kamis, 25 September 2014 | 16.24

BANDA ACEH - Aceh Besar menetapkan enam kecamatan sebagai kawasan sentra pengembangan peternakan di kabupaten itu. Keenam kecamatan tersebut yaitu Lembah Seulawah, Seulimeum, Kota Jantho, Indrapuri, Kuta Malaka, dan Kecamatan Lhoknga. Program itu dilaksanakan sebagai wujud untuk meningkatkan produksi dan produktivitas sektor peternakan di Aceh Besar.

"Salah satu program unggulan bidang peternakan di Aceh Besar pada tahun 2015 adalah tetap memprioritaskan pengembangan sentra peternakan di kecamatan yang potensial tersebut. Untuk itu, kita selalu berharap dukungan dari semua pihak, untuk mensejahterakan peternak di Aceh Besar," kata Kadis Peternakan Aceh Besar, Ahmad Tarmizi SP MM kepada Serambi, kemarin.

Selama ini, menurutnya, dukungan positif dari berbagai pihak sangat membantu suksesnya program sektor peternakan di Aceh Besar. Termasuk apresiasi dan perhatian sungguh-sungguh yang diberikan Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah saat melakukan kunjungan kerja ke Meuligoe Aceh Besar di Kota Jantho, Selasa (23/9). Pada kesempatan itu, Gubernur antara lain Aceh Besar menjadi pilot proyek bagi kabupaten/kota lain dalam hal kesuksesan dan kerja keras memajukan sektor peternakan.

Dikatakan, di kawasan sentra peternakan tersebut akan ditempatkan 150 ekor betina sapi Aceh dan 12 hingga 15 pejantan pemacet (sapi jantan unggul) untuk dikembangkan kelompok peternak. "Melalui program ini, kita harapkan akan semakin memotivasi dan meningkatkan produktivitas sektor peternakan di Aceh Besar, khususnya sapi," ungkapnya.

Sesuai dengan visi dan misi Pemkab Aceh Besar di bawah kepemimpinan Bupati Mukhlis Basyah SSos dan Drs Syamsulrizal MKes, lanjut Ahmad Tarmizi, pihaknya bertekad mewujudkan peternakan masyarakat yang maju, modern, tangguh, mandiri, efisien, dan mensejahterakan peternak. "Selama dua tahun kepemimpinan Bupati Mukhlis Basyah dan Wabup Syamsulrizal, terjadi peningkatan populasi ternak besar secara signifikan. Dari 69.000 ekor pada Mei 2013, menjadi 79.000 ekor pada Desember 2013. Sedangkan populasi ternak besar pada semester II Tahun 2014 berjumlah 108.500 ekor," rincinya.

Ditambahkan, berbagai upaya peningkatan populasi terus dipacu hingga tahun 2017 mendatang yang ditargetkan bisa mencapai 260.000 ekor. "Predikat juara umum Expo Ternak Tahun 2014 yang diraih Aceh Besar tentu akan semakin menambah semangat dan spirit jajaran Dinas Peternakan dan peternak untuk memajukan dan meningkatkan populasi, produksi, serta produktivitas sektor peternakan," demikian Ahmad Tarmizi.(jal)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |       


Anda sedang membaca artikel tentang

Enam Kecamatan Jadi Sentra Peternakan

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/09/enam-kecamatan-jadi-sentra-peternakan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Enam Kecamatan Jadi Sentra Peternakan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Enam Kecamatan Jadi Sentra Peternakan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger