Warga Komsumsi Ikan yang Muncul di Krueng Doy

Written By Unknown on Kamis, 14 Agustus 2014 | 16.24

BANDA ACEH - Sejumlah warga yang tinggal di bantaran Krueng Doy kawasan Punge Jurong dan Lampaseh Aceh, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, mengaku mengonsumsi ikan-ikan yang muncul tiba-tiba di permukaan sungai itu, pada Selasa (12/8) malam. Mereka sama sekali tidak khawatir ikan-ikan tersebut tercemar racun.

"Ini fenomena biasa dan hampir setiap tahun terjadi. Ikan-ikan jenis Belanak yang muncul ke permukaan sungai ini, akibat terjadi pencampuran air asin dan air tawar. Makanya saya tidak khawatir mengkosumsi ikan ini, apalagi ikan yang saya temukan masih hidup," ujar T Bahrumsyah, warga Punge Jurong, kepada Serambi, Rabu (13/8).

Meski sempat berhembus kabar bahwa kemunculan ikan-ikan itu karena tercemar racun, Bahrumsyah punya trik sendiri mengatasinya. "Masukkan saja ikan itu ke air bersih, kalau beracun, ikan itu akan memutahkan racunnya. Kalau mau dimakan, sebaiknya bersihkan seluruh isi perutnya lalu basih lagi dengan air bersih," kata Bahrum.

Selain mengkosumsi ikan yang dijaring dalam kondisi hidup tersebut bersama anggota keluarganya, Bahrum juga mengaku memberikan ikan-ikan tersebut pada ternak peliharaannya. "Kalau memang ikan itu mengandung racun, tentu bebek-bebek saya ini sudah mati," tandasnya.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Banda Aceh, Edi Sahputra SH, mengatakan pihaknya sudah mengambil sampel air di Krueng Doy, untuk diuji di Laboratorium Baristan, di Lamteumen, Banda Aceh. Hasilnya kata Edi, baru diperoleh seminggu ke depan.

"Padahal siang hari sebelum ikan-ikan itu muncul malam harinya, tim KLH baru saja mengambil sampel air di Krueng Doy untuk diuji apakah air sungai mengandung racun atau tidak," kata Edi kepada Serambi, kemarin. Terkait fenomena kemunculan ribuan ikan di permukaan Krueng Doy, Edi menyarankan agar warga tak mengonsumsinya, sebelum ada hasil lab.

Seperti diberitakan, aliran Krueng Doy yang melintasi Kecamatan Kutaraja dan Meuraxa, Banda Aceh, kembali bikin heboh. Setelah penemuan ribuan koin emas kuno, beberapa waktu lalu, kini giliran ribuan ikan yang muncul tiba-tiba di sungai penuh sejarah ini, Selasa (12/8/2014) malam. Kabar ini menyebar cepat, sehingga dalam waktu singkat ratusan warga berdatangan dengan peralatan senter dan jaring ikan.

Sementara pantauan Serambi di Krueng Doy, Rabu kemarin, masih ada sebagian ikan jenis Belanak itu dalam kondisi hidup. Tapi, ada juga yang sudah mati mengapung di pinggir sungai.(mir)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Warga Komsumsi Ikan yang Muncul di Krueng Doy

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/08/warga-komsumsi-ikan-yang-muncul-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Warga Komsumsi Ikan yang Muncul di Krueng Doy

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Warga Komsumsi Ikan yang Muncul di Krueng Doy

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger