Tim Terpadu Pidie Jaring 23 Ekor Kambing

Written By Unknown on Rabu, 20 Agustus 2014 | 16.25

* Berkeliaran Dalam Pasar

SIGLI - Tim terpadu yang dikomandani Kepala Satpol PP/WH Pidie, Sabaruddin Hasan SH, Selasa kemarin menggelar operasi penertiban ternak berkeliaran. Dalam operasi di lima lokasi itu tim menangkap 23 ekor kambing.

Tim terpadu dengan kekuatan 16 personel itu terdiri dari personel Satpol PP, Distannak, TNI/Polri serta anggota Den POM. Sedangkan lima lokasi penertiban ternak itu yaitu, ruas jalan Pante Tengah, Blang Paseh, Bambi, Tijue dan Jalan Lingkar Keuniree. 

Pantauan Serambi saat penangkapan di Jalan Lingkar Keuniree personel tim nyaris terluka karena diseruduk sapi. Aksi kejar-mengejar sapi itu menjadi tontonan warga. Tapi, ke tiga ekor sapi berhasil kabur ke arah Gampong Cot Teungoh.

Kasatpol PP/WH Pidie, Sabaruddin Hasan mengakui personel hampir diseruduk sapi. "Sangat berisiko personel di lapangan penangkapan dengan cara menjerat seperti ini," ujar Sabaruddin. Dia menyarankan agar ke depan bisa dipakai tembak pakai suntik bius. "Tembak bius tidak berisiko bagi petugas penangkapan. Dalam hitungan menit saat diangkut ke mobil ternak ini sudah sadar," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Kesehatan Hewan Distannak Pidie, drh Anwar Syarief mengaku cara penangkapan alami sudah sesuai prosedur tetap (protap). Jika pakai tembak bius belum dapat dilaksanakan sekarang.

"Jika memakai tembak bius perlu mempersiapkan dana lagi. Masukan ini akan menjadi catatan guna kita koordinasikan ke depan," katanya.(aya)

Di sisi lain, Kabid Keswan Distannak Pidie, Anwar Syarief menyebutkan denda dikenakan untuk penangkapan ternak besar (sapi dan kerbau) sebesar Rp 50.000. Sedangkan untuk ternak kecil misalnya kambing Rp 15.000/ekor. "Biaya itu baru untuk denda penangkapan, sedangkan jika ternak sudah dibawa ke tempat penampungan maka biaya lebih lagi,"katanya.

Dikatakan, penetapan biaya itu berdasarkan SK Bupati Pidie No 285 tahun 2014 tentang penetapan besaran biaya penangkapan pengangkutan pemeliharaan dan perawatan terhadap pemilik ternak yang mengambil ternak hasil operasi tim penertiban.(aya)


Anda sedang membaca artikel tentang

Tim Terpadu Pidie Jaring 23 Ekor Kambing

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/08/tim-terpadu-pidie-jaring-23-ekor-kambing.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tim Terpadu Pidie Jaring 23 Ekor Kambing

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tim Terpadu Pidie Jaring 23 Ekor Kambing

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger