Pang Sagoe: Jangan Lagi Ada Konflik

Written By Unknown on Minggu, 31 Agustus 2014 | 16.25

PANG Sagoe Geumpang, Tgk M Jalil Husen yang tampil sebagai salah seorang orator pada aksi demo penambang, Sabtu (30/8) menegaskan, aktivitas penambangan harus tetap berlanjut untuk kepentingan ekonomi masyarakat. Jika dalam aktivitas tersebut memunculkan masalah, jangan diselesaikan secara emosional tetapi harus secara santun dan arif. "Semua kita tidak menginginkan terjadi konflik baru di Geumpang," tandas M Jalil.

Jalil mengingatkan pemilik lubang supaya memperbaiki lubang saat mencari batu yang mengandung bijih emas. Sehingga aktivitas di dalam lubang tidak menimbulkan bahaya bagi pekerja. Karena, kata Pang Sagoe Geumpang, jika pekerja meninggal dunia di lubang, maka pemilik lubang akan berhadapan dengan hukum.

Selain itu, lanjutnya, pemilik lubang harus mengeluarkan zakat, membantu masjid, dan anak yatim yang butuh bantuan. "Kita heran kepada pemerintah kita yang melarang tambang tradisional. Di Pulau Jawa aktivitas tambang tersebut dibolehkan, kenapa di Aceh dilarang. Bukankah Aceh merupakan wilayah NKRI," ujar Tgk M Jalil.

Anggota DPRK Pidie, Samsul Bahri A Wahab kepada Serambi, Sabtu (28/8) mengatakan, keluhan penambang emas yang disampaikan dalam orasi akan ditampung. Keluhan tersebut nantinya akan disampaikan dalam forum yang melibatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie. "Forum itulah nantinya yang akan menyimpulkan," kata politisi dari Partai Aceh tersebut.

Ia menjelaskan, jika pemerintah mempermasalahkan merkuri, idealnya pemerintah harus mencari alat yang ramah lingkungan. Sehingga warga yang beraktivitas sebagai penambang tradisional bisa melanjutkan aktivitas mereka. "Masyarakat sudah sejak lama menekuni aktivitas tambang tersebut," demikian Samsul.(naz/c43)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Pang Sagoe: Jangan Lagi Ada Konflik

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/08/pang-sagoe-jangan-lagi-ada-konflik.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pang Sagoe: Jangan Lagi Ada Konflik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pang Sagoe: Jangan Lagi Ada Konflik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger