Nasib Warga Myanmar di Lhokseumawe belum Jelas

Written By Unknown on Minggu, 10 Agustus 2014 | 16.24

* Terkait Soal Deportasi

LHOKSEUMAWE – Kedutaan Besar (Kedubes) Myanmar dan Thailand untuk Indonesia di Jakarta sampai saat ini belum memberikan kepastian kapan puluhan warganya yang berada di Kota Lhokseumawe sejak awal April lalu dideportasi.

Seperti diketahui, personel TNI Lanal Lhokseumawe, Kamis subuh, 10 April 2014 menangkap lima kapal pukat asal Thailand yang masuk ke perairan timur Aceh secara ilegal. Bersama kapal tersebut, TNI-AL juga

mengamankan 56 ABK berkebangsaan Thailand dan Myanmar. Menindaklanjuti penangkapan ini, Rabu 15 Mei 2014. tahap pertama, TNI-AL menyerahkan 41 ABK asal Myanmar ke Imigarsi sehingga mereka pun ditempatkan di penampungan bekas Kantor Imigarsi Lhokseumawe. Tahap kedua, TNI-AL menyerahkan 10 orang lagi, yakni empat warga Thailand dan enam warga Myanmar. Mereka sempat dijadikan saksi terhadap proses hukum pada lima nahkoda kapal.

Namun, saat ditempatkan di bekas Kantor Imigrasi, dua warga Myanmar kabur dari lokasi penampungan, Rabu (21/5) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Keduanya sampai saat ini belum ditemukan.

Kepala Kantor Imigrasi Lhokseumawe, M Akmal melalui Kasi Wasdakin, Albert, Sabtu (9/8) menyebutkan, dalam upaya deportasi warga Myanmar dan Thailand, pihaknya telah melakukan berbagai langkah. Bahkan khusus bagi warga Myanmar, perwakilan Kedubesnya juga telah berkunjung ke Lhokseumawe.

Sedangkan hal terbaru yang telah dilakukan dalam upaya pemulangan warga asing tersebut, sebut Albert, beberapa hari lalu telah dilakukan pertemuan antar-Kedubes kedua negara itu, pimpinan IOM di Indonesia, perwakilan Kementerian Pertahanan, termasuk Kementerian Hukum dan HAM. "Namun sesuai informasi ke kami, dalam pertemuan ini, pihak Kedubes mengaku masih sedang menyelesaikan dokumen pemulangan. Intinya, sampai saat ini belum ada kejelasan," ulas Albert.

Namun begitu, tambah Albert, bila dalam satu pekan ke depan juga belum ada kepastian, pihaknya akan kembali menyurati kedua Kedubes  untuk mendesak agar bisa segera ditidaklanjuti proses deportasi. "Karena tidak mungkin juga terlalu lama warga asing tersebut berada di Lhokseumawe," demikian Albert.(bah)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Nasib Warga Myanmar di Lhokseumawe belum Jelas

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/08/nasib-warga-myanmar-di-lhokseumawe.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Nasib Warga Myanmar di Lhokseumawe belum Jelas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Nasib Warga Myanmar di Lhokseumawe belum Jelas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger