Air Krueng Peutoe Tak Layak Minum

Written By Unknown on Senin, 04 Agustus 2014 | 16.24

Laporan : Jafaruddin | Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Aceh Utara mengimbau kepada masyarakat yang selama ini mengkonsumsi air Krueng (Sungai red) Peutoe di kawasan Cot Girek dan Lhoksukon, Aceh Utara supaya berhenti, karena air sungai tersebut tak layak konsumsi. Hal itu berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan pihak KLH ketika mengambil sampel air di sungai itu, Senin (4/8), untuk diteliti karena sebelumnya sungai tersebut tercemar dengan limbah Pabrik Kelapa Sawit (KLH) Cot Girek.

"Berdasarkan hasil tes yang kami lakukan tadi pH (derajat keasaman) air Krueng itu mencapai 7-9. Sedangkan kualitas air untuk dikonsumsi pH berkisar 6,5-7, kalau sudah diatas tujuh itu sudah tidak layak lagi," ujar Kepala KLH Aceh Utara Nuraina MSi menjawab Serambi, kemarin.

Disebutkan, jangan untuk dikonsumsi, untuk mencuci piring atau mencuci pakaian saja air Krueng Peutoe tidak layak lagi. Sebab ada aktivitas lain di kawasan Krueng Peutoe itu yang bisa menyebabkan air sungai itu tercemar, seperti air buangan dari Doosmer, lalu usaha peternakan, dan perkebunan dan juga dari usaha potong ayam, yang limbahnya dibuang ke sungai.  

"Ada tumpukan kotoran ternak di pinggir sungai tersebut, sehingga ketika hujan kotoran tersebut bisa dibawa air sekaligus ke dalam sungai sehingga air itu bisa tercemar. Air sungai itu hanya cocok digunakan selain untuk kebutuhan manusia, karena jika konsumsi bisa menimbulkan penyakit," katanya.

Menurut Nuraina, pihaknya sudah mengambil sampel air Krueng Peutoe dan juga air dalam kolam ke tujuh milik Pabrik Kelapa Sawit (PKS) untuk diuji laboratorium. "Sampel itu kita uji untuk melihat parameter siapa yang lebih dominant, apakah peternakan, doorsmeer atau limbah pabrik," katanya.(*)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Air Krueng Peutoe Tak Layak Minum

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/08/air-krueng-peutoe-tak-layak-minum.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Air Krueng Peutoe Tak Layak Minum

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Air Krueng Peutoe Tak Layak Minum

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger