Dishub Jamin tak Ada Lonjakan Pemudik

Written By Unknown on Selasa, 08 Juli 2014 | 16.25

* Bus dan Mini Bus Capai 3.545 Unit

BANDA ACEH - Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Darat Dishubkomintel Aceh, Rahidin Pinem menjamin tak akan ada lonjakan pemudik di Aceh sehingga tak tertampung angkutan yang sudah ada. Pasalnya jumlah bus dan mini bus yang akan melayani pemudik ke lintas timur, pantai barat selatan, dan lintas tengah Aceh mencapai 3.545 unit.

"Kami sangat yakin, pada lebaran tahun ini tidak akan ada ledakan pemudik yang besar di Aceh," kata Rahidin saat konferensi pers seusai rapat persiapan penanganan angkutan lebaran Aceh 2014 di Aula Dishubkomintel Aceh, Senin (7/7).

Menurut Rahidin, perkiraan tak akan ada lonjakan penumpang yang berlebihan karena berdasarkan evaluasi jumlah penumpang lebaran sejak tiga tahun terakhir ini bahwa hal ini tidak pernah terjadi di terminal di Banda Aceh.

Jumlah armada penumpang yang akan beroperasi pada lebaran tahun 2014 ini, sebut Rahidin, telah bertambah 10 persen dari tahun lalu. Tahun lalu, jumlahnya masih sekitar 3.190 unit, tahun ini naik menjadi 3.545 unit.

"Bus besar mencapai 611 unit dari 17 perusahaan angkutan penumpang antar provinsi. Kemudian mini bus L300 2.934 unit dari 77 perusahaan angkutan penumpang antar kabupaten/kota dan provinsi. Dari jumlah itu semua, bisa mengangkut penumpang 62.340 orang/hari," kata Rahidin.

Rahidin mengatakan yang menjadi masalah justru ketertiban masyarakat dalam mengenderai kenderaan, baik mobil pribadi, penumpang umum, maupun masyarakat yang pulang mudik menggunakan sepeda motor. Soal kecukupan bus untuk mudik juga disampaikan Ketua Organda Aceh, H Ramli.   

Sementara itu, perwakilan Ditlantas Polda Aceh, Syuhada pada kesempatan itu mengatakan untuk penanganan ketertiban dan kelancaran angkutan mudik lebaran 2014 di Aceh, Polda Aceh bersama Polres di Kabupaten/Kota akan menyiapkan 60 pos pelayanan lalu lintas. Pos itu akan ditempatkan di daerah yang strategis dan di lokasi dekat rawan kecelakaan lalu lintas.

Hal ini untuk memudahkan pihak polisi lalu lintas menyosialisasi terhadap bahaya kecelakaan lalu lintas dan membantu masyarakat, jika terjadi kecelakaan dalam perjalanan mudik maupun ketika lebaran.

Masih pada kesempatan itu, Perwakilan PT Jasa Raharja, Ruslan antara lain mengatakan pihaknya bersama Polisi Lalu Lintas dan Dishubkomintel Aceh,  akan melakukan tes urine (air kencing) dan alkohol terhadap para sopir bus yang mengangkut pemudik.

Tes urine ini untuk benar-benar memastikan tak ada sopir yang membawa bus dalam kondisi mabuk. Sopir yang diketahui mengonsumsi bahan narkoba, alkohol dan sejenisnya, tidak diizinkan membawa busnya demi keselamatan semua. Ini merupakan program rutin. Sementara Perwakilan Dinas Bina Marga Aceh, Iqbal mengatakan pihaknya telah memberitahukan kepada rekanan yang sedang mengerjakan perbaikan badan jalan dan jembatan untuk memasang rambu-rambu yang cukup. Misalnya memasang lampu merah pada malam hari di tepi daerah galian tanah. (her)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |


Anda sedang membaca artikel tentang

Dishub Jamin tak Ada Lonjakan Pemudik

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/07/dishub-jamin-tak-ada-lonjakan-pemudik.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dishub Jamin tak Ada Lonjakan Pemudik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dishub Jamin tak Ada Lonjakan Pemudik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger