Puluhan Mobil Menumpuk di Pelabuhan Balohan

Written By Unknown on Kamis, 26 Juni 2014 | 16.24

SERAMBINEWS.COM, SABANG -Sedikitnya 50 unit mobil berbagai jenis yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh, menumpuk di Pelabuhan Penyeberangan Balohan, Sabang. Bukan akibat cuaca buruk, melainkan kapal lambat KMP Teluk Sinabang Kamis (26/6/2014) hanya berlayar satu trip karena perawatan mesin.

Amatan Serambinews.com, arus balik di Pelabuhan Balohan pasca pergelaran Festival Sabang Fair (FSF) masih tinggi. Ribuan calon penumpang sejak pagi sudah memadati pelabuhan Balohan menunggu giliran berangkat ke Ulee Lheu.

Meskipun jumlah penumpang dan kenderaan yang akan menyeberang cukup banyak setelah berliburan di Pulau Weh, namun pihak PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) tetap tidak menambah trip pelayaran KMP Teluk Sinabang. Kapal lambat berkapasitas 350 penumpang dan 18 mobil berbagai jenis serta puluhan sepeda motor itu tetap belayar sesuai dengan jadwalnya pada Kamis kemarin, yaitu satu trip.

Kondisi ini mengakibatkan, puluhan mobil pribadi, penumpang dan mobil truk tidak bisa terangkut. Mobil berbagai jenis itu terpaksa parkir pelabuhan, menunggu giliran pemberangkatan. Bukan hanya mobil, puluhan calon penumpang yang hendak menyeberang ke Ulee Lheu, Banda Aceh, juga telantar, karena tidak tertampung di kapal cepat KM Express Cantika yang berangkat pada pukul 14.30 WIB.

Kepala UPTD Pelabuhan Penyebebarangan Balohan, Mawardi, mengaku sudah berkoordinasi dengan PT ASDP untuk penambahan trip KMP Teluk Sinabang sehungan dengan banyaknya mobil yang antre dan calon penumpang yang terlatar. Konon lagi katanya cuaca dan gelombang laut sangat bersabahat.

Namun permintaan penambahan trip itu tidak dipenuhi, karena pihak PT ASDP tetap dengan keputusannya, yaitu berlayar satu trip, karena perawatan mesin. "Ini merupakan dilema, karena setiap meugang pelabuhan selalu dipadati mobil dan penumpang,"ujarnya.

Sementara Supervisi PT ASDP Perwakilan Sabang, Husaini, secara terpisah, mengakui, KMP Teluk Sinabang hanya berlayar satu trip sesuai dengan jadwalnya. Selain KMP Teluk Sinabang yang berlayar satu trip, dalam membantu pengangkutan penumpang dan kenderaan pada Kamis kemarin pihaknya juga mendatangkan KMP Papuyu.

Kendati telah dibantu dengan KMP Papuyu, namun masih banyak mobil yang tidak terangkut. Jumlah mobil berbagai jenis yang antrian di pelabuhan kini lumayan banyak, yakni mencapai 50 unit. "Kita juga sudah melaporkan kondisi di lapangan, namun pimpinan memutuskan KMP Teluk Sinabang tetap berlayar satu trip karena harus dilakukan rawatan mesin. Perawatan mesin itu sebenarnya dilakukan beberapa hari lalu, namun sehubungan adanya pergelaran FSF, maka perawatan mesein ditunda. Besok (hari ini-red) KMP Teluk Sinabang sudah berlayar kembali sesuai dengan jadwalnya,"katanya. (az)


Anda sedang membaca artikel tentang

Puluhan Mobil Menumpuk di Pelabuhan Balohan

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/06/puluhan-mobil-menumpuk-di-pelabuhan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Puluhan Mobil Menumpuk di Pelabuhan Balohan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Puluhan Mobil Menumpuk di Pelabuhan Balohan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger