Kewenangan Diambil Alih, Ketua KIP Abdya Kecewa

Written By Unknown on Kamis, 26 Juni 2014 | 16.24

BLANGPIDIE - Pembukaan rapat koordinasi antarinstansi menjelang pelaksanaan Pilpres yang dilaksanakan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) di Aula Arena Motel Blangpidie, Rabu (25/6) berubah menjadi tegang dan panas. Hal itu membuat peserta rakor, termasuk sejumlah snggota muspida yang hadir terkejut.

Ketua KIP Abdya, Muhammad Jakfar, dalam pidato saat membuka rakor secara gamblang mengatakan kekecewaannya terhadap komisioner, termasuk Plt Sekretaris KIP setempat karena sudah mengambialih dan mengintervensi kewenangan atau tupoksinya sebagai Ketua KIP Abdya.

Menurutnya, hal itu terjadi setelah rapat pelengseran terhadap dirinya (Muhammad Jakfar) dari jabatan ketua KIP oleh empat komisioner pada 20 Mei 2014. "Secara hukum, saya masih sah sebagai Ketua KIP Abdya, tapi saya tidak lagi dilibatkan dalam tugas internal dan eksternal. Undangan rapat hari ini, saya hanya menekan saja," tandas Muhammad Jakfar.

Anggota KIP Abdya, S Masykur SH melakukan interupsi beberapa kali, tapi tidak dilayani Muhammad Jakfar dan terus membeberkan kekecewaanya. Susana pembukaan rakor yang berlangsung dalam suasana tegang dan panas itu disaksikan unsur Muspida yang hadir dalam acara tersebut. Tiga dari empat komisioner juga hadir, yaitu S Masykur, Hasbi, dan Elfiza.

Meskipun dalam suasana tegang, Muhammad Jakfar diakhir pidatonya mempersilakan para ketua pokja untuk menyampaikan sosialisasi. Rakor tersebut berlangsung sampai selesai, termasuk dibuka sesi tanggapan dari peserta. Sosialisasi disampaikan tiga Anggota KIP, S Masykur SH, Hasbi SPd dan Elfiza SH MH menyangku soal logistik Pilpres, data pemilih dan TPS.

S Masykur yang juga Ketua Pokja Sosialisasi di awal sosialisasi mengklarifikasi tentang apa yang dibeberkan Muhammad Jakfar. "Kami hingga hari ini masih menganggap Muhammad Jakfar sebagai Ketua KIP Abdya," katanya. Menurut dia, apa yang disampaikan  Muhammad Jakfar itu hanya terjadi akibat miskomunikasi. Karena koordinasi dengan Ketua KIP Abdya tetap dilaksanakan. "Seperti, undangan rapat rakor pada hari ini tetap diteken Ketua KIP," katanya. Karena itu, ia memohon maaf sebesar-besarnya atas terjadinya suasana yang tak diharapkan itu.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Abdya, Idris SHI hadir dalam rapat itu mengatakan, pihaknya menyesalkan kondisi tersebut sampai saat ini belum diselesaikan secara internal di KIP. Karena itu, tambahnya, KNPI Abdya mendesak KIP Aceh segera memfasilitasi penyelesaian konflik di internal KIP Abdya, sehingga agenda-agenda nasional khususnya Pilpres 2014 bisa terlaksana secara baik.(nun)    


Anda sedang membaca artikel tentang

Kewenangan Diambil Alih, Ketua KIP Abdya Kecewa

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/06/kewenangan-diambil-alih-ketua-kip-abdya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kewenangan Diambil Alih, Ketua KIP Abdya Kecewa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kewenangan Diambil Alih, Ketua KIP Abdya Kecewa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger