Sembilan Budayawan Terima Penghargaan

Written By Unknown on Senin, 28 April 2014 | 16.24

* Dalam Rangka HUT Ke-809 Banda Aceh

BANDA ACEH - Sembilan pelaku seni dan budayawan Aceh menerima penghargaan berupa plakat pada acara Banda Aceh Heritage Awards 2014 yang diprakarsai oleh Komunitas Pemuda dan Peduli Sejarah, Sabtu (26/4) malam. Acara itu dilaksanakan di Gedung Amel Convention Hall, Banda Aceh.

Acara itu diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-809 Kota Banda Aceh. Ketua Panitia acara Juni Dasman didampingi Wakil Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Banda Aceh Mahdi Andela, mengatakan pemberian penghargaan kepada para pelaku seni dan budayawan yang telah mengharumkan nama Aceh dan Banda Aceh ini, yang petama dilaksanakan di Aceh.

Kesembilan penghargaan tersebut diserahkan oleh Plh Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa'aduddin Djamal. Dalam kesempatan itu, Illiza berpesan agar para generasi muda harus bisa menghargai the founding father-nya Aceh dan Kota Banda Aceh, dengan menjaga identitas dan budaya Aceh agar tidak dirusak oleh budaya luar. "Dengan demikian Aceh akan bermartabat di mata dunia," ujarnya.

Ia juga meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh agar dapat menduplikasikan semua manuskrip sejarah Aceh yang saat ini tersimpan di museum yang berada di negara Belanda.

"Ini penting dilakukan agar masyarakat Aceh mengetahui dan mengenal benda-benda sejarah Aceh, seperti peta, manuskrip, koin, surat dan lain lain. Walaupun kita tidak bisa memilikinya, paling tidak kita bisa menduplikasikannya sehingga benda-benda tersebut dapat dipamerkan pada ajang tahunan," ujar Illiza.

Sementara itu, selain memberikan penghargaan kepada sembilan pelaku seni dan budayawan Aceh, Komunitas Pemuda dan Peduli Sejarah Aceh juga memberikan pengharganan kategori khusus kepada almarhum Ir Mawardy Nurdin MEngSc atas dedikasinya terhadap budaya selama menjabat wali kota Banda Aceh, dan kepada Plh Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal.

Hadir pada acara tersebut, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah  (Forkopimda) Kota Banda Aceh, Sekdako Drs T Saifuddin TA MSi, Kadisbudpar Aceh Drs Reza Fahlevi, Ketua DPRK Banda Aceh Yudi Kurnia SE, para kepala SKPD di jajaran Pemko Banda Aceh, Ketua KNPI Kota Banda Aceh, serta para pelaku seni dan budaya Aceh.(sr)


Anda sedang membaca artikel tentang

Sembilan Budayawan Terima Penghargaan

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/04/sembilan-budayawan-terima-penghargaan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sembilan Budayawan Terima Penghargaan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sembilan Budayawan Terima Penghargaan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger