Ratusan Surat Suara Nagan Tertukar dengan Aceh Barat

Written By Unknown on Selasa, 08 April 2014 | 16.24

SUKA MAKMUE - Ratusan lembar surat suara di Kecamatan Seunagan Timur dan Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya, Senin (7/4) tadi malam dilaporkan tertukar dengan surat suara untuk Kabupaten Aceh Barat.

Informasi ini diketahui ketika petugas PPK di Kecamatan Seunagan Timur dan Suka Makmue melakukan perhitungan ulang sekaligus melakukan pengecekan terhadap surat suara yang diterima dari KIP Nagan Raya, sebelum dikirim ke masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah ini.

Tertukarnya surat suara jatah Kabupaten Aceh Barat dengan lokasi daerah pemilihan satu ini, membuat petugas pemilihan kecamatan (PPK) dan KIP Nagan Raya kelabakan. Pasalnya hari pemilihan untuk memberikan hak suara oleh masyarakat hanya tinggal satu hari saja, yakni Rabu (9/4) besok.

Informasi diterima Serambi tadi malam dari KIP Nagan Raya, jumlah surat suara yang sementara ditemukan tertukar mencapai 131 lembar. Yakni 99 lembar surat suara di Kecamatan Seunagan Timur, dan sisanya 32 lembar surat suara di Kecamatan Suka Makmue.

Bahkan untuk menghindari kesalahan serupa, petugas PPK di dua kecamatan ini terus melakukan perhitungan dan pengecekan ulang guna memastikan surat suara untuk jatah Kabupaten Aceh Barat itu tak lagi tertukar dengan daerah pemilihan di Kabupaten Nagan Raya. Karena hal ini dianggap sangat berbahaya dan dikhawatirkan akan mengganggu jalannya pemungutan suara.

Dampak dari temuan tertukarnya surat suara ini, pihak KIP Nagan Raya juga melakukan pengecekan ke sejumlah PPK di sejumlah kecamatan di wilayah ini. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari meluasnya surat suara yang tertukar setelah dikirimkan ke setiap kecamatan di kabupaten setempat.

Ketua Pokja Logistik KIP Nagan Raya Said Mudhar yang dikonfirmasi Serambi, tadi malam membenarkan bahwa adanya ratusan lembar surat suara jatah Kabupaten Aceh Barat yang tertukar dan berada di kabupaten setempat, setelah dikirimkan ke setiap kecamatan di wilayah ini.

"Penyebab tertukarnya surat suara ini kemungkinan saat dikirimkan dari percetakan di Jakarta ke Nagan Raya, karena surat suara tersebut berada untuk daerah pemilihan Aceh Barat I atau DP 1," katanya.

Dikatakan Said, surat suara yang tertukar ini sudah diamankan KIP setempat guna selanjutnya dikirim kembali ke Kabupaten Aceh Barat. Sedangkan surat suara yang berkurang akibat tertukar ini akan diganti dengan surat suara yang baru untuk jatah pemilihan DP 1 Nagan Raya.

Ia mengakui, penyebab terjadinya kesalahan ini bukan karena kesalahan lembaga mereka, akan tetapi terjadi akibat kesalahan dari pihak percetakan yang mengirimkan surat suara untuk Kabupaten Nagan Raya. Sedangkan surat suara untuk jatah kabupaten ini sudah diterima pihaknya dalam kondisi baik.

Said Mudhar menambahkan, jumlah surat suara yang tertukar ini kemungkinan akan bertambah, mengingat hingga tadi malam sekitar pukul 22.05 WIB petugas PPK di Kecamatan Seunagan Timur dan Suka Makmue terus melakukan pemeriksaan ulang, terhadap surat suara yang sudah tiba di tingkat kecamatan.

Bahkan untuk kecamatan lainnya, kata dia, juga dilakukan hal serupa. Ia juga memastikan tertukarnya surat suara di wilayah ini dipastikan tak akan mengganggu jalannya pemilu, lantaran surat suara cadangan hingga kini masih tersedia di KIP Nagan Raya dan langsung diganti.

Jumlah surat suara untuk Kabupaten Nagan Raya tersebut sebanyak 112.622 lembar dan dikalikan empat lembar surat suara pemilihan masing-masing untuk DPRK, DPRA, DPR RI serta DPD yang berjumlah 450.488 lembar, katanya.(edi)


Anda sedang membaca artikel tentang

Ratusan Surat Suara Nagan Tertukar dengan Aceh Barat

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/04/ratusan-surat-suara-nagan-tertukar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ratusan Surat Suara Nagan Tertukar dengan Aceh Barat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ratusan Surat Suara Nagan Tertukar dengan Aceh Barat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger