KIP Aceh Barat Pastikan Kotak Suara Sungai Mas Aman

Written By Unknown on Rabu, 16 April 2014 | 16.24

* Panwaslu: Kami tak Pernah Rekomendasikan Pemindahan

MEULABOH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat memastikan kotak suara hasil pemilu di Kecamatan Sungai Mas, kini dalam kondisi aman di kantornya. Sementara pihak Panwaslu menyatakan tidak pernah merekomendasikan pemindahan surat suara kepada petugas keamanan, saat terjadinya protes antara parnas terkait hasil suara yang diduga bermasalah, Sabtu (12/4) malam lalu.

Ketua KIP Aceh Barat Bahagia Idris yang dikonfirmasi Serambi, Selasa (15/4) sore, mengatakan, pemindahan surat suara dari PPK di Kecamatan Sungai Mas oleh aparat keamanan ke kantor mereka, guna menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan terkait hasil pemilu yang sudah dilaksanakan beberapa hari lalu.

"Memang tidak pernah ada rekomendasi untuk memindahkan surat suara ini. Namun hal ini terjadi akibat situasi yang memanas dan kita khawatir akan terjadinya keributan besar, makanya surat suara ini harus diamankan dan itu sudah tepat," kata Bahagia.

Ia menegaskan, pemindahan surat suara dari PPK ke kantor KIP itu dinilai sudah sesuai dengan prosedur, mengingat sebelum pemindahan ini terjadi sudah ada riak akan terjadinya keributan di lokasi kejadian. Guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, akhirnya pengamanan surat suara ini harus dilakukan untuk menyelamatkan bukti pemilihan.

Bahagia menegaskan pihaknya menjamin bahwa surat suara tersebut dalam kondisi aman dan dipastikan tak akan terjadi hal yang dikhawatirkan itu. Menurutnya, kantor penyelenggara pemilu ini selalu dijaga secara ketat oleh aparat keamanan selama 24 jam penuh, sehingga tindakan kecurangan atau hal yang dikhawatirkan tidak akan terjadi.

Bahkan ia juga mempersilahkan kepada masing-masing parpol untuk berada di kantor KIP ketika dilakukan pleno atau pun perhitungan suara ulang nantinya, guna membantu melakukan pengawasan dan perhitungan. Sehingga diharapkan nantinya tak ada masalah lagi di kemudian hari. "Kita pastikan semua ini aman dan terjaga dengan baik, jadi tak perlu dikhawatirkan," katanya.

Sementara itu Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Aceh Barat menegaskan tidak pernah merekomendasikan pemindahan surat suara oleh petugas keamanan dari PPK di Kecamatan Sungai Mas, saat terjadinya protes antara parnas terkait hasil suara yang diduga bermasalah, Sabtu (12/4) malam lalu.

Ketua Panwaslu Aceh Barat Syafwan Syafriadi mengakui pihaknya mendapatkan laporan adanya kemungkinan terjadinya  insiden yang akan mengarah terjadinya situasi tak aman. "Karena kabarnya ada pengerahan massa dari kecamatan lain ke PPK di Sungai Mas," kata Syafwan kepada Serambi Selasa (15/4), di Meulaboh.

Namun dia menegaskan pihaknya tidak pernah merekomendasikan pemindahan kotak dan surat suara itu kepada aparat keamanan. Ia mengatakan harus meluruskan persoalan ini sehingga pihaknya tidak disalahkan dalam persoalan tersebut, sekaligus memastikan fakta yang sebenarnya.

"Kami tegaskan bahwa Panwaslu Aceh Barat tidak pernah memberikan rekomendasi kepada aparat keamanan untuk memindahkan surat suara dari PPK ke kabupaten," ujarnya.

Juru bicara DPC Partai Demokrat Aceh Barat, Ramu Indra kepada membantah adanya kericuhan di PPK Kecamatan Sungai Mas pada Sabtu (12/4) malam lalu. Saat itu, kata dia, hanya terjadi adu mulut antarpara saksi yang dinilainya sebagai hal biasa.

Karena itu, Ramu Indra menilai tak ada alasan bagi aparat memindahkan surat suara yang berada di dalam kotak suara, karena belum termasuk dalam kategori darurat (force majure). Apalagi pemindahan kotak suara itu dilakukan sebelum pleno PPK, serta tanpa melibatkan saksi dan pengawalan dari Panwascam.

"Tindakan ini tentu di luar prosedur, akibat kejadian ini kami bersama beberapa partai lain telah meragukan akurasi perhitungan di tingkat kecamatan," tegas Ramu Indra.

Ia menyatakan, pihaknya sudah menemukan adanya perbedaan atau selisih dari hasil perhitungan di beberapa parpol peserta pemilu di Kecamatan Sungai Mas, serta menduga adanya konspirasi dalam kejadian tersebut, tegasnya.(edi)


Anda sedang membaca artikel tentang

KIP Aceh Barat Pastikan Kotak Suara Sungai Mas Aman

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/04/kip-aceh-barat-pastikan-kotak-suara.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KIP Aceh Barat Pastikan Kotak Suara Sungai Mas Aman

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KIP Aceh Barat Pastikan Kotak Suara Sungai Mas Aman

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger