34 Calon Anggota DPRK Bireuen Wajah Baru

Written By Unknown on Selasa, 22 April 2014 | 16.25

BIREUEN - Sebanyak 34 orang calon anggota DPRK Bireuen periode 2014-2019 diprediksi akan diisi oleh wajah baru, hanya enam orang wajah lama yang akan mengisi kursi dewan nantinya. Dari total 40 anggota DPRK Bireuen yang baru, diperkirakan hanya satu orang perempuan, yaitu Salwa Hanum dari Partai Aceh daerah pemilihan dua (DP2) Peusangan, Peusangan Selatan, Peusangan Siblah Krueng, dan Jangka. 

Sekretaris Partai Aceh (PA) PA Bireuen, Muzakkir kepada Serambi di Kantor KIP Bireuen, Senin (21/4) kemarin mengatakan, mereka mempredeksikan memperoleh 14 kursi, hasil rapat pleno PA mendapat 13 kursi. "Jumlah caleg perempuan yang diusung PA mencapai 13 orang, tapi hanya satu yang terpilih yaitu Salwa Hanum SPd," katanya.  

Sekretaris Partai Nasional Aceh (PNA) Suhaimi kepada Serambi mengatakan, sebelum rapat pleno PNA mempredeksikan memperoleh empat kursi. Namun setelah rapat pleno jumlah kursi yang diperoleh bertambah menjadi lima kursi. Dengan mendapatkan lima kursi, PNA menjadi urutan kedua perolehan kursi setelah PA.

Sedangkan partai lainnya yaitu PKS, Golkar, dan PPP masing-masing memperoleh empat kursi. Kemudian, PAN dan Nasdem masing-masing tiga kursi, terakhir Partai Demokrat dua kursi, PDA dan Gerindra masing-masing satu kursi. Sedangkan PKB, PDIP, Hanura, PBB dan PKPI tidak memperoleh kursi di Bireuen dalam pemilu 9 April lalu. 

Ketua KIP Bireuen, Mukhtaruddin SH MH kepada Serambi di sela-sela rapat  pleno yang berakhir sekitar pukul 16.00 WIB kemarin mengatakan, rapat pleno rekapitulasi suara berjalan lancar dan tidak ada masalah.

Dari hasil rapat diperoleh gambaran jumlah kursi yang diraih masing-masing partai.  Enam calon anggota dewan wajah lama yaitu Abdul Gani Isa,  Ridwan Muhammad SE, Tgk Zakaria dan Dahlan ZA dari PA, kemudian Jasman Rani (Demokrat) dan M Jamil Daud (PAN).

Kouta 30 persen yang disediakan untuk caleg perempuan, ternyata belum cukup efektif untuk mengantar politisi perempuan ke gedung Dewan. Buktinya, dari 184 caleg perempuan yang diusung 15 parpol di Bireuen pada Pemilu 9 April 2014, hanya satu orang yang lolos ke gedung dewan.

Perempuan satu-satunya yang berhasil melewati hadangan pada Pemilu 2014 ini adalah Salwa Hanum SPd. Ia merupakan satu dari 13 caleg perempuan yang diusung Partai Aceh pada Pemilu 2014. Hebatnya, dalam pemilu lalu, Salwa Hanum berada di nomor urut 11 daerah pemilihan dua (DP2), meliputi Peusangan, Peusangan Selatan, Peusangan Siblah Krueng dan Jangka.

Salwa Hanum, perempuan 26 tahun ini yang ditemui Serambi Senin (21/4) kemarin mengucapkan syukur atas hasil pemilu ini. Ia mengatakan keberhasilan menjadi calon anggota wakil rakyat berkat dukungan masyarakat.

"Semua ini berkat dukungan masyarakat, partai, serta keluarga dan para sahabat dalam pemilu lalu, sehingga saya meraih suara badan mencapai 1.345 suara. Menurut hasil pleno KIP dan pengurus partai saya memperoleh kursi di dewan," katanya.

Istri dari T Erizal, warga Cot Nga, Peusangan menambahkan, menjadi wakil rakyat merupakan amanah yang diberikan kepadanya akan dilaksanakan semampu mungkin. "Saya berharap nantinya mampu membawa amanah masyarakat, terutama kaum perempuan," ujarnya.

Menjawab Serambi, program apa saja yang akan diperjuangkan di dewan, Salma mengaku utama memperjuangkan program baik dari pemerintah maupun dari aspirasi rakyat  yang bertujuan untuk kesejahteraan rakyat dan peningkatan ekonomi, pendidikan, serta program lainnya sesuai visi dan misi serta program partai itu. (yus)


Anda sedang membaca artikel tentang

34 Calon Anggota DPRK Bireuen Wajah Baru

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/04/34-calon-anggota-dprk-bireuen-wajah-baru.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

34 Calon Anggota DPRK Bireuen Wajah Baru

namun jangan lupa untuk meletakkan link

34 Calon Anggota DPRK Bireuen Wajah Baru

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger