YF Sendirian Bobol Bank Aceh

Written By Unknown on Jumat, 10 Januari 2014 | 16.24

BANDA ACEH - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh ternyata telah melakukan pemeriksaan ke Kantor Bank Aceh Cabang Pembantu Balai Kota Banda Aceh dan telah memanggil YF, karyawati bank itu yang diduga menggelapkan dana setoran kredit nasabah dan pencairan kredit fiktif senilai Rp 4 miliar.

"Begitu kita terima laporan dari pihak Bank Aceh, kita langsung melakukan pemeriksaan. Kita juga sudah panggil pelakunya (YF) untuk diwawancarai," kata Kepala OJK Aceh, Muhammad Lutfi, kepada Serambi, Kamis (9/1).

Menurut Lutfi, ketika diwawancarai YF tidak terlalu terbuka dalam menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan. Meski demikian, segala bukti perbuatan YF telah dikantongi Tim Audit Internal Bank Aceh. "Informasi dari tim audit, pelakunya hanya yang bersangkutan (sendiri)," ujarnya.

Lutfi menuturkan, pemeriksaan oleh OJK dilakukan berbarengan dengan dilaporkannya sang pelaku tunggal, YF, ke Polda Aceh oleh direksi Bank Aceh. Oleh karena itu, pihaknya memberikan apresiasi kepada jajaran direksi Bank Aceh yang langsung melaporkan kasus tersebut ke aparat penegak hukum.

"Kita sangat apresiatif. Ini menunjukkan pengurus Bank Aceh benar-benar ingin berbenah untuk mewujudkan good corporate governance (tata kelola perusahaan yang baik)," kata Lutfi.

Meski demikian, dari kasus tersebut diharapkan manajemen bank bisa mengetahui letak kelemahannya dan memperbaiki standard operating procedure (SOP) serta prinsip kehati-hatian (prudential banking). "Ini menjadi catatan kami dan menjadi konsen kita juga untuk melakukan pembinaan dan pengawasan," tambahnya.

Tetapi diingatkannya juga bahwa terbongkarnya satu kasus kejahatan di lingkungan perbankan memang membutuhkan waktu. Tidak serta merta kasus kejahatan bisa langsung diketahui pada saat itu juga.

Terkait tindakan OJK sendiri terhadap kasus tersebut, Lutfi mengatakan, karena kasus telah dilaporkan kepada kepolisian, maka pihaknya masih menunggu perkembangan penyelidikan yang sedang berlangsung. "Saat ini kita lebih kepada pembinaan," imbuh Lutfi. (yos)


Anda sedang membaca artikel tentang

YF Sendirian Bobol Bank Aceh

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/01/yf-sendirian-bobol-bank-aceh.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

YF Sendirian Bobol Bank Aceh

namun jangan lupa untuk meletakkan link

YF Sendirian Bobol Bank Aceh

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger