Penanganan Gangguan Jiwa di Australia

Written By Unknown on Jumat, 10 Januari 2014 | 16.24

FAZIA, dokter umum pemerhati kesehatan jiwa, peserta English Short Course di The University of Adelaide, melaporkan dari Australia

BANYAK orang tentunya sudah mengenal pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Banyak pula dari kita yang terlatih menangani gangguan fisik. Tapi banyakkah yang mengetahui cara memberikan pertolongan pertama pada penderita gangguan jiwa?

Baru-baru ini saya berkesempatan mengikuti pelatihan pertolongan pertama untuk penderita gangguan jiwa berjudul "Mental Health First Aid" (MHFA) di pesisir pantai Glenelg, South Australia. Pelatihan ini saya ambil di sela-sela English short course yang saya jalani di University of Adelaide selama dua bulan terakhir.

MHFA dirintis pasangan suami istri, Tony Jorm dan Betty Kitchener, di Australia. Betty sendiri adalah penderita depresi berat berulang yang membuatnya didiskriminasi di tempat kerja. Hal ini menyadarkan Tony Jorm yang juga peneliti kesehatan jiwa, betapa pentingnya memberi pemahaman pada masyarakat tentang gangguan jiwa.

Di Australia, gangguan jiwa menduduki urutan ketiga gangguan terbanyak setelah gangguan jantung dan kanker. Satu dari lima orang dewasa di sini diketahui mengalami gangguan jiwa setiap tahun. Umumnya berupa gangguan kecemasan dan depresi.

Seseorang yang telah memiliki sertifikasi MHFA diharapkan dapat membantu penderita gangguan jiwa, baik yang sedang dalam tahap perkembangan maupun kondisi krisis, sampai penderita mendapatkan pertolongan dari tenaga ahli seperti psikiater atau psikolog. Krisis yang dialami penderita bisa berupa keinginan bunuh diri, serangan panik, atau serangan psikotik.

Pada pelatihan ini kami mempelajari lima langkah pertolongan pertama untuk penderita gangguan jiwa yang diberi singkatan "ALGEE". Terdiri atas "Approach, assess, and assist with any crisis", "Listen non-judgementally", "Give support and information", "Encourage appropriate professional help", dan "Encourage other support".

Berdasarkan metode ALGEE, langkah awal yang harus segera diambil dalam membantu penderita gangguan jiwa adalah mendekati mereka, mengajak mereka bicara, dan membantu mereka ke luar dari keadaan krisis. Kita diminta untuk mendengar keluhan penderita tanpa terkesan menghakimi atau menyudutkan. Kita juga perlu menjelaskan bahwa yang dialami oleh penderita adalah suatu kondisi medis yang bisa disembuhkan, seperti juga gangguan lain seperti diabetes, sakit jantung, dan nyeri sendi. Langkah berikutnya, kita harus mendorong penderita gangguan jiwa untuk pergi ke psikiater atau psikolog.

Bagaimanapun, kita tak boleh memaksa ataupun menetapkan pilihan. Tugas kita hanyalah memberi saran; pilihan pengobatan sepenuhnya menjadi hak penderita. Langkah terakhir dalam metode ini adalah menyarankan penderita gangguan jiwa mencari dukungan dari pihak lain seperti keluarga, pasangan, teman dekat, dan lingkungan sekitar.

Setelah kami mendapat penjelasan tentang langkah-langkah ALGEE, lalu kami pelajari contoh-contoh kasus dan melakukan simulasi. Melalui simulasi dan latihan, kami makin mengerti bagaimana menerapkan ALGEE untuk menyelesaikan kasus nyata. Kami juga disuguhi testimoni dari penderita-penderita gangguan jiwa.

Saya melihat kehadiran MHFA akan sangat membantu untuk membuat masyarakat paham betapa gangguan jiwa tak kalah penting dibanding gangguan fisik. Oleh karena itu, semua orang perlu dibekali kemampuan mengenal tanda-tanda dan gejala gangguan jiwa dan mengetahui bagaimana memberikan pertolongan kepada penderitanya.

Semoga MHFA ini bisa segera hadir di Indonesia, terutama di Aceh, mengingat di Aceh lumayan tinggi jumlah penderita kelainan jiwa. Melalui MHFA kita harap kasus gangguan jiwa bisa dicegah dan jumlah penderitanya di Aceh bisa berkurang signifikan. [email penulis: fazia.mahdi@yahoo.com]

* Bila Anda punya informasi menarik, kirimkan naskah dan fotonya serta identitas Anda ke email: redaksi@serambinews.com


Anda sedang membaca artikel tentang

Penanganan Gangguan Jiwa di Australia

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/01/penanganan-gangguan-jiwa-di-australia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penanganan Gangguan Jiwa di Australia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penanganan Gangguan Jiwa di Australia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger