Pemuda Serukan Pilih Caleg Berkualitas

Written By Unknown on Selasa, 07 Januari 2014 | 16.24

BANDA ACEH - Pemuda Aceh memiliki peran penting menentukan masa depan Aceh lebih baik. Salah satunya dengan memilih calon anggota legislatif yang memiliki visi dan misi dalam membenahi parlemen. Hal itu dibahas dalam sebuah diskusi tentang memperkuat parlemen dalam membangun Aceh dari perspektif pemuda, di Kafe 3 in 1 Banda Aceh, Minggu (5/1).

Sejumlah perwakilan partai politik hadir dalam diskusi tersebut sebagai pebicara. Yaitu Zaini Djalil (NasDem), Royes Ruslan (Demokrat), Norman Hidayat (PKS), Fachrul Razi (PA),  Rina Meutia (PNA), Tarmidinsyah Abubakar (PAN), dan Safaruddin (Gerindra).

Pada diskusi itu, Zaini Djalil meminta agar pemuda harus berani mengkritisi parlemen. "Pemuda harus kritisi parlemen jika mereka salah. Parlemen dan tujuan demokrasi harus diluruskan kembali oleh anak muda," katanya.

Mengenai pembenahan parlemen, pemuda harus berperan aktif di dunia politik baik melalui partai maupun organisasi. Tak hanya itu, pemuda perlu mendorong sistem yang transparans dan akuntabel di parlemen.

Pemuda juga diharapkan memiliki ide dan gagasa yang kreatif serta mampu menjadi motor penggerak perubahan untuk perubahan Aceh. Peran-peran pemuda dalam pembangunan Aceh itu disampaikan oleh Royen, Safaruddin, dan Tarmidinsyah saat mengisi diskusi.

Selain partisipasi pemuda, Norman Hidayat menekankan bahwa caleg perlu bekal yang cukup sebelum menjadi angota dewan. Menurutnya, partai politik perlu melakukan pengkaderan bagi setiap calegnya. "Karena melalui kader partailah apsirasi terserap dan bisa menghasilkan kader berkualitas," ujarnya.

Di akhir disikusi, disimpulkan bahwa saat ini parlemen kurang aspiratif dalam menjalankan fungsinya baik  dalam hal pengawasan (controlling), legislasi, penganggaran (budgeting). Hal itu terjadi baik di tingkat kabupaten/ kota (DPRK), maupun tingkat provinsi (DPRA). Hal ini karena banyak proses penganggaran baik di DPRA maupun DPRK yang tidak pro rakyat.

Selain itu, menurut para peserta, para caleg cenderung hanya mencari pekerjaan di parlemen sehingga mereka tidak mengerti bagaimana memperjuangkan aspirasi rakyat.(sr)


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemuda Serukan Pilih Caleg Berkualitas

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/01/pemuda-serukan-pilih-caleg-berkualitas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemuda Serukan Pilih Caleg Berkualitas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemuda Serukan Pilih Caleg Berkualitas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger