Bawaslu Ajak Mahasiswa Aktif dalam Pemilu

Written By Unknown on Kamis, 23 Januari 2014 | 16.24

BANDA ACEH - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Aceh menilai mahasiswa sebagai agen perubahan dan punya peran penting dalam menyukseskan Pemilu April mendatang. Karena itu, menurut Bawaslu, peran aktif mahasiswa sangat dibutuhkan dalam setiap tahapan pemilu yang setiap berjalan. "Mahasiswa kita harapkan tidak memilih sikap golongan putih atau golput pada saat pemilu 9 April nanti," ujar Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu Aceh Muklir, kepada Serambi, Rabu (22/1).

Ia berpendapat, mahasiswa adalah kalangan intelektual yang memiliki idealisme, semangat, dan komitmenyang  tinggi untuk menyukseskan reformasi. "Salah satu agenda penting reformasi adalah pemilu yang bersih. Di era transisi demokrasi ini, banyak agenda reformasi yang belum tuntas ini. Untuk itu, peran mahasiswa sangat dibutuhkan," ungkapnya.

Muklir juga meminta mahasiswa memberikan pembelajaran positif kepada pemilih terkait pemilu. Menurutnya, mahasiswa dan politik Indonesia adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. "Sebagai warga negara yang sudah memiliki hak pilih, kita harus mengerti esensi dan tata cara pemilu. Karenanya, pencerdasan pendidikan politik merupakan kunci utama menyonsong pemilu yang lebih baik," jelas Muklir.

Ditambahkan, ada tiga tipologi mahasiswa yaitu mahasiswa aktivis partai politik, mahasiswa apatis (golput), dan mahasiswa biasa.

"Mahasiswa aktivis partai itu telah memiliki pilihan jelas terhadap partai yang akan diusungnya, mahsiswa apatis (golput) adalah mahasiswa yang melihat pemilu tak lebih dari ajang reguler yang digunakan partai politik untuk memperoleh kekuasaan tanpa menghasilkan perubahan apa-apa. Sedangkan mahasiswa biasa itu mengikuti pemilu hanya sebagai ajang akbar rutin lima tahunan yang harus diikuti sebagai warga negara yang baik," pungkasnya.(sr)


Anda sedang membaca artikel tentang

Bawaslu Ajak Mahasiswa Aktif dalam Pemilu

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2014/01/bawaslu-ajak-mahasiswa-aktif-dalam.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bawaslu Ajak Mahasiswa Aktif dalam Pemilu

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bawaslu Ajak Mahasiswa Aktif dalam Pemilu

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger