Panwaslu Pijay dan Subulussalam Terbentuk

Written By Unknown on Kamis, 26 Desember 2013 | 16.24

BANDA ACEH - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) untuk Kabupaten Pidie Jaya (Pijay) dan Kota Subulussalam resmi terbentuk setelah dilatik pada Senin (23/12) lalu. Pelatikan tersebut dilakukan secara bersamaan di masing-masing daerah dan dihadiri perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Aceh.

Sekadar diketahui, dalam merekrut anggota panwaslu di Pijay dan Subulussalam ini,  bawaslu hanya melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap 10 anggota panitia pengawas pemilihan kepala daerah (panwaslih) di kedua daerah itu (5 orang di masing-masing daerah). Sementara jumlah panwaslu yang dibutuhkan hanya 3 orang di setiap kabupaten/kota.

Komisioner Bawaslu Aceh Zuraida Alwi mengatakan, komisioner Panwaslu Pijay dan Subulussalam yang baru dilantik itu, saat ini juga masih menjabat sebagai Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) yang bertugas mengawasi pelaksanaan pemilukada.

"Karena sesuai Qanun, disebutkan masa tugas panwaslih berakhir tiga bulan setelah pelantikan kepala daerah terpilih. Demikian, dengan terbentuknya Panwaslu di dua daerah ini, maka sekarang semua (23) kabupaten/kota di Aceh sudah memiliki Panwaslu," katanya kepada Serambi Rabu (25/12).

Pelantikan Panwaslu Pijay, kata dia, dihadiri Ketua Bawaslu Aceh Asqalani. "Sedangkan pelantikan untuk Panwaslu Subulussalam saya (Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Aceh, Zuraida Alwi-red) yang hadir," katanya.

Usai pelantikan, lanjutnya, Panwaslu di dua daerah tersebut sudah mulai bisa menjalankan tugasnya mengawasi tahapan pelaksanaan Pileg 2014. "Mereka juga sudah mengikuti bimtek selama satu hari usai pelantikan. Dalam bimtek itu kita jelaskan apa-apa saja kewenangan mereka dalam mengawasi tahapan pemilu dan kita juga memberi arahan terhadap apa-apa yang harus mereka lakukan," ujarnya.

Menurutnya, tugas pertama yang harus dilakukan Panwaslu Pijay dan Subulussalam adalah melengkapi jajaran pengawas sampai tingkat paling bawah. "Kita sudah arahkan agar mereka (Panwaslu-red) segera merekrut Panitia Pengawas Kecamatan untuk mengawas di tingkat kecamatan dan Panitia Pengawas Lapangan yang mengawas di tingkat desa," demikian Zuraida.(sr)


Anda sedang membaca artikel tentang

Panwaslu Pijay dan Subulussalam Terbentuk

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/12/panwaslu-pijay-dan-subulussalam.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Panwaslu Pijay dan Subulussalam Terbentuk

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Panwaslu Pijay dan Subulussalam Terbentuk

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger