Ini Calon Ketua dan Sekjen HUDA

Written By Unknown on Jumat, 29 November 2013 | 16.24

IBANDA ACEH - Sebanyak 700-an ulama dan para pimpinan dayah dan pimpinan dayah/pesantren se-Aceh, akan hadir ke Banda Aceh untuk mengikuti Musyawarah Besar (Mubes) ke-2 Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA). Mubes akan berlangsung selama tiga hari, di Asrama Haji Banda Aceh, mulai Jumat (29/11) sampai Minggu (1/12).

Salah satu agenda penting dalam Musda adalah pemilihan ketua dan sekretaris jenderal HUDA periode 2013-2018. Saat ini HUDA dipimpin oleh Tgk H Nuruzzahri yang sejak beberapa bulan lalu ditunjuk sebagai Pj Ketua menggantikan almarhum Tgk H Ibrahim Bardan (Abu Panton). Agenda pemilihan ketua dan sekjen HUDA yang baru ini akan berlangsung pada sesi akhir mubes, yakni Sabtu (30/11) malam.

Sekjen HUDA, Tgk H Faisal Ali kepada Serambi Kamis (28/11) mengatakan, pemilihan calon ketua dan sekjen HUDA ini akan dilakukan dengan sistem zona (pembagian wilayah). "Ada tujuh zona yang meliputi 23 kabupaten/kota. Setiap zona mengirim satu orang yang diusulkan sebagai ketua dan satu orang di posisi sekjen. Nanti orang-orang terpilih di setiap zona inilah yang akan memilih ketua dan Sekjen HUDA. Jadi semacam dewan presidium," kata Tgk Faisal.

Selain pemilihan ketua dan sekjen, Mubes ke-2 HUDA juga akan membahas berbagai persoalan terkini, terkait dengan pelaksanaan syariat Islam di Aceh. Juga ada kuliah umum yang akan disampaikan oleh Ketua Umum PB NU, Prof Dr KH Said Aqil Siradj serta hingga seminar internasional dengan tema "perkembangan pendidikan dan akidah Ahlussunnah wal Jamaah di tingkat global".

Pada akhir mubes, para ulama Aceh akan mengeluarkan sejumlah rekomendasi terkait pelaksanaan syariat Islam kepada Pemerintah Aceh. "Salah satu rekomendasinya adalah desakan kepada DPRA untuk mengesahkan Qanun Jinayah dan Qanun Acara Jinayah, sebelum tahun 2013 berakhir," kata Tgk Faisal sembari mengingatkan Pemerintah Aceh agar tidak mencari-cari alasan untuk menunda-nunda pengesahan qanun jinayah.(nal)

Kandidat ketua HUDA
* Tgk H Hasanoel Bashry (Abu Mudi), Pimpinan Mudi Mesra Samalanga
* Tgk H Nuruzzahri Yahya (Waled Nu), Pimpinan Dayah Ummul Aiman Samalanga
* Tgk H Marhaban Adnan, Pimpinan Pesantren Ashabul Yamin, Bakongan
* Tgk H Asnawi Ramli, Pimpinan Budi Lamno
* Tgk H Bukhari Peureulak, Pimpinan Ponpes Ashasul Islamiyah, Peureulak

Kandidat Sekjen
* Tgk H Muhammad Yusuf bin Abdul Wahab (Ayah Sop), Pimpinan Dayah Babussalam A-Aziziyah, Jeunib
* Tgk Hasbi Al-Bayuni, Pimpinan Pesantren Thalibul Huda, Aceh Besar
* Tgk Tu Bulqaini Tanjongan, Pimpinan Markaz Al Ishlah Al-Aziziyah, Banda Aceh
* Tgk H Baihaqi Yahya, Pimpinan Pesantren Ulumul Islam Jambo Aye, Panton Labu


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Calon Ketua dan Sekjen HUDA

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/11/ini-calon-ketua-dan-sekjen-huda.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Calon Ketua dan Sekjen HUDA

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Calon Ketua dan Sekjen HUDA

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger