Bupati Minta Tapal Batas Laut Segera Dituntaskan

Written By Unknown on Jumat, 08 November 2013 | 16.24

BANDA ACEH - Bupati dan Wali Kota se-Aceh meminta agar semua permasalahan tapal batas yang belum tuntas agar segera diselesaikan, termasuk tapal batas laut. Hal itu disampaikan dalam rapat koordinasi daerah perbatasan  yang dilaksanakan Biro Pemerintahan Setda Aceh, di Gedung Serbaguna, Jumat (7/11).

"Tapal batas di laut sama pentingnya dengan tapal batas di darat," kata Bupati Aceh Singkil, Safriadi, kepada Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah, dalam rapat tersebut.

Dia menjelaskan, penetapan titik tapal batas tersebut penting dilakukan untuk menghindari konflik perebutan wilayah. Contohnya di wilayah Pulau Banyak yang masuk dalam wilayah Kabupaten di Aceh Singkil. Safriadi menyebutkan, sekarang ini ada pengeboran minyak lepas pantai. Namun masalahnya Pertamina mengira lokasi pengeboran tersebut masuk dalam  wilayah terirorial Sibolga, Sumatera Utara.

"Kami sudah sampaikan kesalahan ini kepada Pemerintah Pusat, dengan maksud jika nanti ada dana bagi hasil migas, tidak jatuh ke Sibolga, melainkan ke Aceh Singkil," tambahnya.

Selain itu, tambah Safriadi, nelayan Pulau Banyak juga sering ribut dengan nelayan Sibolga soal wilayah operasi tangkap ikan.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Aceh, Ir Said Ikhsan, juga sependapat. Menurut dia, Pemerintah Aceh memang perlu segera menyikapinya persoalan tapal batas ini secara bijak dan arif. "Penetapan daerah perbatasan bisa dilakukan dengan cara memberikan titik koordinat oleh kedua kepala daerah," ujar Said.

Pendapat serupa juga disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Dr Raihanah MSi. Pemerintah Aceh dia katakan perlu menetapkan koordinat perbatasan di wilayah laut.

Gubernur Aceh, dr Zaini Abubakar, didampingi Sekda Aceh, Dermawan, dan Kepala Bappeda Aceh, Abubakar Karim, setuju dengan usulan tersebut. Gubernur menjelaskan, Aceh yang berada di ujung Pulau Sumatera wajar menuntut wilayah melaut yang lebih luas hingga ZEE.

"Alasannya untuk menjaga wilayah NKRI di bagian Barat, dan menjaga hasil lautnya dari jarahan nelayan asing," tambah Kepala Bappeda Aceh, Abubakar Karim.(her)


Anda sedang membaca artikel tentang

Bupati Minta Tapal Batas Laut Segera Dituntaskan

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/11/bupati-minta-tapal-batas-laut-segera.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bupati Minta Tapal Batas Laut Segera Dituntaskan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bupati Minta Tapal Batas Laut Segera Dituntaskan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger