Warga Diajak Pantau Proyek Via Opentender

Written By Unknown on Rabu, 30 Oktober 2013 | 16.24

BANDA ACEH - Anggota Badan Pekerja Indonesian Corruption Watch (ICW), Sely Martini, mengajak warga Aceh untuk ikut memantau pelaksanaan proyek pembangunan pemerintah melalui website mereka www.opentender.net. Di website ini, siapa saja bisa melihat nilai kontrak proyek, bahkan perusahaan atau kontraktor yang sudah dicoret.

Sely Martini menyampaikan hal itu saat berdiskusi dengan wartawan di Hotel Oasis Banda Aceh, Selasa (29/10). Diskusi diadakan ICW dan Badan Pekerja Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) bertema 'Transparansi dan Akuntabilitas Pengadaan Barang dan Jasa Secara Elektronik di Banda Aceh'. Menurut Sely, warga perlu memantau pelaksanaan tender ini, bahkan melapor ke penegak hukum jika menemukan adanya indikasi korupsi.

"Website ini sudah ada sejak 2012, warga kita ajak untuk memantau ini karena mereka penerima manfaat langsung dari proyek pemerintah itu. Ya, siapa saja warga bisa memantau proyek untuk kebutuhannya sudah sesuai atau belum, misal proyek jalan di sekitar tempat tinggalnya. Begitu juga proyek di sekolah, mana tahu sudah ada dalam proyek pemerintah, tetapi masih tetap dibebankan kepada siswa," kata Sely Martini.

Didampingi rekannya dari ICW, Kes Tuturoong, Sely mengatakan semua proyek pemerintah yang telah masuk dalam Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), tak terkecuali dari Aceh terbaca di www.opentender.net. Bahkan informasinya lebih lengkap, termasuk potensi korupsi terhadap sesuatu proyek, misal karena nilai kontrak sangat besar, peserta tender tak banyak, dan proyek akhir tahun yang dikejar waktu.

"Nanti dalam website itu juga ada modul tentang tata cara investigasi terhadap proyek berpotensi korupsi, terutama kepada wartawan, semoga dengan website ini bisa menjadi info awal untuk menginvestigasi. Ya, sudah ada beberapa kasus korupsi yang data awalnya ada di www.opentender.net, seperti proyek pembangunan Geulanggang Remaja di Jakarta yang sedang berjalan, begitu juga proyek-proyek keluarga Gubernur Banten Ratu Atut, semua bisa dilihat," ujar Sely.

Diskusi dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dan berlangsung hingga dua jam ini juga diikuti Koordinator MaTA, Alfian dan aktivis MaTA, Hafiz.(sal)


Anda sedang membaca artikel tentang

Warga Diajak Pantau Proyek Via Opentender

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/10/warga-diajak-pantau-proyek-via.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Warga Diajak Pantau Proyek Via Opentender

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Warga Diajak Pantau Proyek Via Opentender

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger