Banyak Pemilih Terdata di Dua Daerah

Written By Unknown on Rabu, 30 Oktober 2013 | 16.24

* Pembersihan Data Ganda Selesai, 2 November Direkap

BANDA ACEH - Kelompok Kerja (Pokja) Pemutakhiran Data Pemilih KIP Kabupaten/Kota se-Aceh, telah menuntaskan pembersihan data pemilih yang terdaftar ganda. Pembersihan data ganda ini dilakukan dalam rapat kerja (raker) yang berlangsung di Hotel Hermes Palace Banda Aceh, selama dua hari, Senin dan Selesai (28-29/10).

Pokja Pemutakhiran Data Pemilih KIP Aceh Fauziah menyampaikan, data pemilih ganda yang banyak ditemukan dan dibersihkan adalah pemilih yang terdaftar di dua kabupaten/kota. Selain pemilih yang terdaftar di dua gampong, dua kecamatan, dan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Untuk pembersihan data ganda antarkabupaten sudah selesai tadi sore (kemarin sore-red). Namun beberapa kabupaten/kota masih harus menyelesaikan pembersihan data ganda antarTPS, antargampong, dan antarkecamatan. Untuk hal ini, nanti masing-masing kabupaten/kota yang melakukannya," kata Fauziah kepada Serambi, Selasa (29/10).

Pembersihan data ganda ini, kata dia, masih dapat dilakukan sampai penutupan portal Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) pada 1 November 2013. Menurutnya, Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Provinsi Aeh kemungkinan akan berubah lagi.

"Dengan adanya pembersihan data ganda ini, jumlah DPT untuk Aceh kemungkinan akan berkurang. Namun jelasnya itu akan diketahui setelah dilakukan rekapitulasi seluruh data hasil pembersihan data ganda tersebut," jelasnya.

Ditambahkan, penyerahan berita acara hasil pembersihan data ganda ke KIP provinsi ini dijadwalkan 2 November 2013. "Kalau penetapan DPT yang lalu kita plenokan berdasarkan data manual, maka data yang nanti akan kita plenokan kembali adalah data Sidalih. Karena portal Sidalih dapat membaca data ganda secara otomatis," ujarnya.

Pleno yang dijadwalkan setelah penutupan portal Sidalih itu, menurutnya dimaskudkan agar tidak ada lagi perubahan. Sebagaimana perintah Surat Edaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 716/KPU/X/2013 perihal perbaikan daftar pemilih, rekapitulasi tingkat provinsi dijadwalkan 2 November 2013. Sementara rekapitulasi tingkat nasional akan dilaukan KPU pada 4 November 2013.(sr)


Anda sedang membaca artikel tentang

Banyak Pemilih Terdata di Dua Daerah

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/10/banyak-pemilih-terdata-di-dua-daerah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Banyak Pemilih Terdata di Dua Daerah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Banyak Pemilih Terdata di Dua Daerah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger