Panitia Siapkan Kantong Urine bagi Jamaah Lansia

Written By Unknown on Minggu, 13 Oktober 2013 | 16.24

* Antisipasi Antrean Toilet di Arafah

MEKKAH - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji akan menyediakan kantong urine yang diutamakan bagi jamaah lanjut usia (lansia) untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya antrean di toilet saat wukuf di Padang Arafah.

"Upaya tambahan sebagai antisipasi apabila ada hal-hal darurat, kalau sudah tidak tahan buang air kecil tapi ngantre, pemerintah menyiapkan kantong urine yang bisa mengubah cairan menjadi gel," kata Menag Suryadharma Ali saat meninjau kesiapan Arafah, Sabtu (12/10).

Menurut Menag Suryadharma Ali, kantong urine tersebut tidak meninggalkan bau dan aman serta dapat dibuang ke tempat sampah biasa. "Para jamaah dapat memperoleh kantong urine tersebut di Mina. Ini masih ujicoba, baru disediakan untuk lansia," kata Suryadharma Ali.

Untuk mengurangi antrean, pemerintah juga menambah jumlah toilet yang disediakan dengan membuat toilet yang sudah ada menjadi bertingkat. "Pengalaman beberapa tahun ke belakang rasio jumlah toilet dengan jemaah sangat jauh. Kita minta tambahan tidak bisa karena keterbatasan areal, sehingga toilet dibuat dua lantai. Tapi belum semuanya," kata Menag.

Sementara itu, Ketua Muasasah Asia Tenggara Zuhair Abdul Hamid Sedayu menjelaskan bahwa persiapan kelengkapan wukuf para calon haji di Arafah, Arab Saudi, sudah mencapai 90 persen. "Persiapan tenda, karpet, pendingin runangan, toilet dan dapur sudah mencapai 90 persen sampai sore nanti," katanya kepada Menag Suryadarma Ali saat melakukan peninjauan di Arafah, kemarin.

Menurut Zuhair yang didampingi penanggung jawab Jamaah Haji Indonesia Zaini Mohamad Banjar, kini sejumlah maktab sudah dilengkapi dengan gedung toilet berlantai dua, yang mempunyai sekitar 40 kamar dan 20 kran untuk berwudhuk. "Musim haji berikutnya setiap maktab akan dilengkapi dengan gedung toilet berlantai dua," katanya.

Ia menjelaskan bahwa kawasan Asia Tengara terdiri atas 73 maktab dan setiap maktab terdiri atas 400 tenda yang mampu menampung 3.240 jamaah. Untuk Indonesia disediakan 48 maktab di Arafah. "Makanan akan dimasak sesuai dengan cita rasa jamaah karena juru masaknya dari Indonesia," pungkas Zuhair

Sementara itu, Yuswardi Mustafa, seorang JCH Aceh asal Lhokseumawe, dalam laporannya yang diterima Serambi, Sabtu (12/10) mengatakan saat ini para jamaah sedang melakukan persiapan menuju ke Arafah untuk wukuf yang dimulai Senin (14/10) besok. "Jadi sekarang sedang sosialisasi tentang situasi di Arafah, dan waktu tepat saat melempar jumrah," katanya. (ant/hs)


Anda sedang membaca artikel tentang

Panitia Siapkan Kantong Urine bagi Jamaah Lansia

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/10/panitia-siapkan-kantong-urine-bagi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Panitia Siapkan Kantong Urine bagi Jamaah Lansia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Panitia Siapkan Kantong Urine bagi Jamaah Lansia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger