KIP Se-Aceh Bersihkan Data Ganda

Written By Unknown on Selasa, 29 Oktober 2013 | 16.24

BANDA ACEH - Kelompok Kerja Pemutakhiran Data Pemilih KIP kabupaten/kota se-Aceh, Senin (28/10) kemarin, melakukan rapat kerja (raker) untuk membersihkan data pemilih ganda antar kabupaten/kota se-Aceh. Raker di Aula Kantor KIP Aceh, Banda Aceh ini, dilakukan berdasarkan Surat Edaran yang ditandatangani Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Malik, Nomor 716/KPU/X/2013 perihal Perbaikan Daftar Pemilih.

Pokja Pemutakhiran Data Pemilih KIP Aceh, Fauziah mengatakan, saat ini masih terdapat sekitar lima ribuan data pemilih ganda. "Data ganda ini terbaca di Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) oleh KPU dari hasil rekapitulasi yang kita serahkan ke KPU," katanya kepada Serambi.

Ia menjelaskan, dalam raker kemarin setiap pokja pemutakhiran data pemilih membersihkan data pemilih yang ada di daerahnya. "Jadi jika ada data pemilih yang ganda, maka nanti setiap pokja dapat memutuskan langsung untuk mencoret salah satu daerah di mana pemilih terdaftar. Karenanya, semua pokja hari ini berkumpul untuk menyinkronkan data pemilih sesuai dengan Surat Edaran KPU," jelasnya.

Selain masalah data ganda, ia juga menyebutkan bahwa masih banyak terdapat data administrasi pemilih yang belum lengkap seperti tidak lengkapnya NIK/NKK, usia, dan nama yang masih kosong. Ia menjelaskan bahwa hasil dari perbaikan data pemilih tersebut nanti akan diserahkan KIP kabupaten/kota kepada KIP Aceh dalam bentuk berita acara.

"Ini pembersihan untuk data ganda antarkabupaten/kota, sementara untuk pembersihan data pemilih ganda antarprovinsi akan dilakukan besok (hari ini-red) di KPU RI," katanya.

Untuk rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) nasional, lanjutnya, akan dilakukan oleh KPU pada 4 November 2013.  Amatan Serambi, proses pembersihan data ganda yang semula dilaksanakan di Aula Kantor KIP Aceh itu terpaksa dipindah ke Hotel Hermes Palace Banda Aceh karena gangguan jaringan internet. "Masalah ini harus diselesaikan segera, karenanya kita pindah lokasi agar permasalahan ini bisa selesai tepat waktu," ujar Fauziah.(sr)


Anda sedang membaca artikel tentang

KIP Se-Aceh Bersihkan Data Ganda

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/10/kip-se-aceh-bersihkan-data-ganda.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KIP Se-Aceh Bersihkan Data Ganda

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KIP Se-Aceh Bersihkan Data Ganda

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger