Kaki Seorang Jamaah Haji Aceh Diamputasi

Written By Unknown on Sabtu, 26 Oktober 2013 | 16.24

* Banyak yang Flu

BANDA ACEH - Seorang jamaah haji Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1 diamputasi kaki kirinya oleh tim kesehatan, setelah dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi karena mengalami diabetes mellitus dan gangren. Jamaah yang diamputasi itu bernama Asmaini Amat binti Amat (40), warga Peureulak, Aceh Timur.

Informasi tersebut disampaikan Kabid Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Aceh, Drs H Herman MSc kepada Serambi, Jumat (25/10) setelah ia peroleh keterangan dari ketua kloter di Mekkah. "Saya belum mendapat informasi bagaimana keadaannya setelah kaki kirinya diamputasi," ujar Herman saat ditanya kondisi jamaah tersebut.

Jamaah lainnya yang tergabung dalam kloter 4 bernama Kasih binti Sertan (78) asal Aceh Tenggara masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi. Sebelumnya ia terjatuh dari tempat tidur saat terlelap di pemondokan.

Herman mengatakan, berdasarkan informasi yang diperolehnya dari ketua kloter 4, kemungkinan Kasih binti Serta pun akan menjalani operasi karena persendian pinggul kanannya tergeser.

Jamaah haji Aceh yang juga kini dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi adalah Siti Nurbaya (79), warga Aceh Selatan. Jamaah yang tergabung dalam kloter 5 itu sebelumnya dirawat karena mengalami sesak napas. Sedangkan Tajuddin (55) asal Woyla, Aceh Barat dan Huriah binti Tamboyon (62) yang sempat dirawat karena sesak napas di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) kini telah kembali ke pemondokan.

 Terserang flu
Seorang jamaah haji asal Lhokseumawe yang tergabung dalam kloter 4, Haji Yuswardi Mustafa melaporkan tadi malam, jamaah di kloter itu umumnya terserang flu, pilek, dan demam.

Hal itu, menurutnya, dipengaruhi oleh suhu di Mekkah yang mencapai 40 derajat Celsius, sementara jamaah haji Aceh ketika berada di kampungnya terbiasa dengan suhu 27-35 derajat Celsius.

"Di dalam hotel dingin, sedangkan saat ke luar hotel terasa panas menyengat, sehingga jamaah mengalami dehidrasi. Dokter pun sudah menyarankan agar jamaah banyak minum. Selain suhu yang panas, ditambah dengan banyaknya debu di sekitar Masjidil Haram karena pembangunan gedung yang sedang dikerjakan," jelasnya melalui BBM.

Menurut mantan wartawan Serambi Indonesia ini, jamaah umumnya terserang flu, pilek, dan batuk sepulang dari Mina dan tawaf ifadah di Mekkah. Namun, belum ada jamaah yang dirawat karena serangan flu dan pilek. (hs)


Anda sedang membaca artikel tentang

Kaki Seorang Jamaah Haji Aceh Diamputasi

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/10/kaki-seorang-jamaah-haji-aceh-diamputasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kaki Seorang Jamaah Haji Aceh Diamputasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kaki Seorang Jamaah Haji Aceh Diamputasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger