Jamaah Haji Aceh Selesai Tawaf Ifadah

Written By Unknown on Minggu, 20 Oktober 2013 | 16.24

BANDA ACEH - Sebagian besar jamaah haji Aceh sudah melaksanakan tawaf ifadah di Mekkah. Pelaksanaan tersebut dikerjakan usai para jamaah melakukan nafar tsani yaitu berada di Mina selama tiga hari untuk melempar jumrah.

Seorang jamaah haji kloter 4 asal Lhokseumawe, Yuswardi Mustafa dalam laporannya yang diterima Serambi, Sabtu (19/10) mengatakan jamaah yang tergabung dalam kloter tersebut dari Lhokseumawe, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Simeulue, dan Subulussalam pada umumnya dalam kondisi sehat. "Seluruh jamaah haji Aceh sudah selesai melakukan rangkaian ibadah haji," katanya via BBM.

Ia mengatakan sebelum dipulangkan ke Mekkah, jamaah kloter 4 sempat terjadi protes dengan pengelola maktab di Mina. Hal itu terjadi pada Jumat (18/10) lalu, pihak pengelola maktab dari Arab Saudi telah menjadwalkan pemulangan jamaah haji dari Mina ke Mekkah pukul 04.00 pagi Waktu Arab Saudi (WAS).

Pada Kamis (17/10) malam, kata Yuswardi, ketua kloter 4 H Jauharuddin, Ketua TPIHI Tgk H Ibrahim Alimy, petugas medis, dan para ketua rombongan menemui pihak maktab. Mereka minta agar tidak dipulangkan pukul 04.00 pagi WAS.

Setelah sekitar 30 menit berdialog, pihak maktab memberi kelongaran waktu hingga pukul 07.00 WAS. Namun, jamaah haji kloter 4 menolak keputusan tersebut, karena pada waktu itu tidak mungkin bisa terkejar karena jamaah haji belum melempar jumrah pada hari ketiga.

"Tidak adanya kesepakatan pada waktu itu, maka persoalan tersebut dibawa ke pejabat Arab Saudi dan pihak perwakilan Indonesia di Mekkah. Akhirnya dicapai kata sepakat antara pihak Arab Saudi dan pihak Indonesia," jelasnya.

Yuswardi mengatakan kesepakatan yang disepakati yaitu sekitar 450 jamaah haji kloter 4 dipulangkan ke penginapan di Mekkah pukul 10.00 WAS. "Ketua kloter sangat tegas dan serius dalam melindungi jamaah haji. Ia sempat adu argumen dengan seorang pengelola maktab yang menguasai bahasa melayu," kata Yuswardi yang juga Ketua Rombongan 5 jamaah haji.

Selain itu, ia mengatakan proses wukuf, muzdalifah, mabit di Mina, serta lempar jumrah berlangsung sesuai petunjuk. Dan saat ini semua jamaah sudah terkonsentrasi di Hotel Jarwal Taisir.

Sementara itu kloter 5 yang berasal dari Aceh Barat, Aceh Selatan, Pidie, dan Aceh Besar para jamaah telah kembali ke Mekkah dari Mina.

Ketua Kloter 5, Drs Mulyadi mengatakan jamaah dalam keadaan sehat. Meskipun rata-rata jamaah mengalami batuk dan pilek. Selain itu, katanya, ada satu jamaah yang dirawat di Balai Pengobatan Haji Indonesia akan dikembalikan ke pemondokan.(hs)


Anda sedang membaca artikel tentang

Jamaah Haji Aceh Selesai Tawaf Ifadah

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/10/jamaah-haji-aceh-selesai-tawaf-ifadah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jamaah Haji Aceh Selesai Tawaf Ifadah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jamaah Haji Aceh Selesai Tawaf Ifadah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger