Akurasi DPT Rendah

Written By Unknown on Senin, 14 Oktober 2013 | 16.24

DAFTAR Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yang akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten/kota, masih menyisakan persoalan.  Dari hasil pengawasan yang dilakukan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Aceh, masih banyak pemilih yang tidak memiliki NIK, NKK, dan pemilih ganda yang tercantum dalam daftar pemilih.

Persoalan akurasi data ini diketahui Bawaslu Aceh ketika melaksanakan Rapat Koordinasi Pengawasan dan Evaluasi Hasil audit DPT Pemilu Legislatif 2014 di Grand Aceh Hotel Banda Aceh pada tanggal 10-11 Oktober 2013. Penyebarannya di hampir semua kabupaten/kota, seperti Aceh Besar, Sabang, Aceh Jaya,  Aceh Selatan, Aceh Utara, Aceh Tengah, dan Bener Meriah.

Semestinya jika yang dijadikan basis pendataan pemilih KTP, ketiadaan NIK, NKK, pemilih di bawah umur, ataupun pemilih ganda, tidak terjadi. Karena semua identitas pokok tercantum dalam KTP.

Di beberapa daerah, seperti Aceh Timur, didapati ada pemilih yang berstatus TNI/Polri, karena identitas yang tercantum di KTP tidak sesuai dengan pekerjaan yang sesungguhnya.

Karena itu, masalah pemilih ganda, pemilih yang tidak mempunyai NIK, NKK, pemilih ganda, pemilih di bawah umur, bahkan pemilih "hantu" ini harus bisa diselesaikan sebelum ditetapkan dalam DPT. Hal ini penting karena data yang tidak akurat akan menjadi persoalan yang berdampak besar.

Kekurangcermatan dalam menyusun dan menetapkan DPT menjadi celah yang bisa disalahgunakan untuk kepentingan politik tertentu. Dan ini akan berpotensi pada gugatan pada hasil pemilihan. Selain itu, ketidakakuratan ini menjadi kendala dalam pengadaan logislatik, seperti surat suara.

Harus difahami bahwa daftar pemilih dalam setiap pemilukada maupun legislatif bahkan presiden, merupakan masalah yang sangat krusial. Ketidakcermatan dalam menyusun maupun menetapkan jumlah pemilih, bisa menjadi bom waktu yang siap meledak dengan segala dampak yang ditimbulkannya.

* Asqalani, Ketua Bawaslu Aceh, dalam siaran pers kepada Serambi Minggu (13/10). (nal)


Anda sedang membaca artikel tentang

Akurasi DPT Rendah

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/10/akurasi-dpt-rendah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Akurasi DPT Rendah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Akurasi DPT Rendah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger