Petugas Medis Cabuli Pasien Divonis 4 Tahun

Written By Unknown on Selasa, 10 September 2013 | 16.25

LHOKSEUMAWE - Majelis hakim Pengadilan Tinggi (PT) Banda Aceh memvonis Dhoni (34), petugas medis asal Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe yang menjadi terdakwa dalam kasus pencabulan terhadap pasien dengan hukuman empat tahun penjara plus denda Rp 60 juta. Dhoni terbukti mencabuli Bad (17), gadis asal Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, saat korban hendak dirontgen di Rumah Sakit PMI Aceh Utara, 16 September 2012.

Putusan itu lebih tinggi setahun dari putusan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Lhokseumawe. Dalam sidang pamungkas di PN Lhokseumawe 3 Juni 2013, Dhoni divonis tiga tahun penjara, karena terbukti bersalah dan melanggar Pasal 28 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Vonis terhadap permohonan banding diputuskan dalam sidang di PT Banda Aceh, 19 Juli 2013. Sidang itu dipimpin Hidayat Hasyim SH, didampingi dua hakim anggota, Mahfud Fauzi SH dan Adi Dachrowy SA SH. Majelis hakim menyatakan, terdakwa terbukti bersalah melakukan pencabulan, sehingga dijatuhi hukuman empat tahun penjara dan denda Rp 60 juta. Bila tak sanggup membayar denda, harus diganti dengan hukuman penjara tambahan tiga bulan.

"Majelis hakim PT Banda Aceh menerima permohonan banding yang diajukan terdakwa dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap putusan PN Lhokseumawe. Hakim juga memperbaiki putusan PN Lhokseumawe," kata Humas PN Lhokseumawe melalui Panitera Muda Pidana, M Nasir A Gani kepada Serambi kemarin.

Ditambahkan, pihaknya menerima salinan putusan tersebut pagi tadi (kemarin -red). "Petikan putusan itu sudah kami beritahukan kepada terdakwa dan jaksa Kejari Lhokseumawe. Permohonan kasasi dari pengacara terdakwa sudah diserahkan kepada kami. Jadi, sekarang kita hanya menunggu memori kasasi dari mereka," katanya.

T Fakhrial Dani SH, pengacara Dhoni, menyatakan pihaknya sudah ke Pengadilan Negeri Lhokseumawe untuk mengajukan kasasi terhadap putusan PT Banda Aceh. "Kami ingin menguji putusan PT tersebut, karena menurut kami saat proses persidangan tidak terungkap bahwa klien saya mencabuli korban seperti tuntutan jaksa. Sebelumnya korban juga ragu-ragu memberikan keterangan. Ini yang membuat kita ingin menguji materi putusan itu ke Mahkamah Agung dan kita berharap nantinya hakim agung lebih arif dalam mengambil keputusan," ujarnya. (c37)


Anda sedang membaca artikel tentang

Petugas Medis Cabuli Pasien Divonis 4 Tahun

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/09/petugas-medis-cabuli-pasien-divonis-4.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Petugas Medis Cabuli Pasien Divonis 4 Tahun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Petugas Medis Cabuli Pasien Divonis 4 Tahun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger