Napi Lapas Padangsimpuan Bentrok, 50 Napi Lapas Labuhanruku Diperiksa

Written By Unknown on Minggu, 08 September 2013 | 16.24

Laporan : Parlaungan Lubis   |  Sumatera Utara

SERAMBINEWS.COM, MEDAN -  Narapidana (Napi) penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-B Padangsidimpuan (437 km Selatan Medan) terlibat bentrokan Sabtu (7/9) malam. Tawuran antarnapi penghuni Lapas itu dipicu tuntutan napi pindahan Lapas Labuhanruku  minta untuk  dikembalikan ke Lapas Labuhanruku. Selain mengamankan lokasi bentrok,  Petugas sudah memeriksa dan memintai keterangan 50 napi Lapas Labuhanruku .

"Napi asal Labuhanruku minta kembali, namun sudah diberi penjelasan tidak memungkinkan karena LP tersebut masih rusak, namun napi pindahan itu tak terima. Kemudian mereka terlibat bentok dengan kelompok napi yang lain, kata Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Utara (Sumut), Amran Silalahi , Minggu (8/9).

Sebelumnya, puluhan napi asal lapas Labuan Ruku dipindahkan Sabtu (7/9) siang ke Lapas Padangsidimpuan. Sesampainya di Lapas Padangsidimpuan, para napi itu melakukan tindakan anarkis yang menyebabkan keributan di dalam Lapas Padangsidimpuan.

Menurut Amaran, tak ada sipir yang terluka dalam peristiwa ini, hanya beberapa napi yang mengalami luka. "Tak ada napi yang pakai senjata dan bentrok", kata Amarn lagi. Disebutkan, ada 50 napi asal LP Kelas II-B Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara yang dipindahkan ke LP Padangsidempuan. Pemindahan dilakukan karena bentrok diiringi  pembakaran LP Labuhanruku yang dipicu masalah remisi pada 19 Agustus lalu.

Meski mencoba memprovokasi napi lainnya di dalam lapas, kata Amran, namun aksi mereka tak berhasil. Para penghuni Lapas Padang Sidempuan malah membantu aparat dengan mengejar dan menangkap para perusuh yang diduga napi pindahan asal Lapas Labuhanruku.

Dikatakan, Polres Padangsidimpuan menurunkan 140 personil bersenjata lengkap mengamankan Lapas tersebut. Selain anggota polisi,  mereka juga menurunkan TNI. Sehingga, kata Amran, situasinya sudah terkendali,  dan kini aparat keamanan masih siaga.

Selain mengamankan lokasi bentrok,  50 napi Lapas Labuhanruku  sudah diperiksa dan dimintai keterangan seputar pemicu bentrok. Hal ini dilakukan, agar solusinya bisa segera ditemukan. "Hingga siang ini (Minggu, 8/9) proses pemeriksaan masih berlanjut," ujarnya yang tak meampik 6 napi mengalami luka-luka.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Napi Lapas Padangsimpuan Bentrok, 50 Napi Lapas Labuhanruku Diperiksa

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/09/napi-lapas-padangsimpuan-bentrok-50.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Napi Lapas Padangsimpuan Bentrok, 50 Napi Lapas Labuhanruku Diperiksa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Napi Lapas Padangsimpuan Bentrok, 50 Napi Lapas Labuhanruku Diperiksa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger