Hari Ini Kloter I JCH Aceh Masuk Asrama

Written By Unknown on Sabtu, 28 September 2013 | 16.25

BANDA ACEH - Jamaah Calon Haji (JCH) kelompok terbang (Kloter) I mulai masuk asrama hari ini, Sabtu (28/9) pukul 17.00 WIB. JCH yang tergabung dalam kloter I berjumlah 440 orang berasal dari Aceh Timur, Langsa, Tamiang, Gayo Lues, dan Aceh Jaya.

Humas Haji Embarkasi Aceh, H Akhyar MAg kepada Serambi, Jumat (27/9) mengatakan, seperti pada tahun sebelumnya pihak keluarga juga tidak diperbolehkan mengantar JCH sampai masuk ke Asrama Haji, melainkan hanya sampai di gerbang asrama saja. Jamaah yang sudah masuk asrama tidak diperbolehkan keluar lagi dengan alasan apapun. Maka itu jamaah diimbau agar benar-benar menyiapkan segala keperluannya sehingga tidak ada barang yang tertinggal.

"Anggota keluarga hanya cukup mengantarkannya di kabupaten/kota masing-masing atau setidaknya di Masjid Raya Baiturrahman. Karena para JCH yang dikarantina di Asrama Haji juga akan mengikuti beberapa bimbingan dan istirahat sebelum esoknya menuju bandara," ujarnya.

Akhyar menambahkan, saat sampai di asrama yaitu di Gedung Misfalah, petugas akan memeriksa dan menimbang barang yang dibawa tiap jamaah serta membagikan boarding pass, gelang identitas, pemeriksaan kesehatan, dan penempatan jamaah di gedung Mudzdalifah dan Madinatul Hujjaz untuk beristirahat. Selanjutnya di aula utama mengikuti bimbingan jamaah, imigrasi, dokumen, pembagian living cost 1.500 riyal atau sekitar Rp 5 juta untuk tiap jamaah.

Dijelaskan, setiap petugas haji dan media diberikan tanda pengenal khusus berupa badge serta kendaraan yang masuk ke Asrama Haji juga dilengkapi dengan stiker. JCH juga diimbau untuk memasukkan pakaian ihramnya di dalam tas tentengan (tas jinjing), karena jika dimasukkan dalam koper akan merepotkan para jamaah saat sampai di Jeddah ketika hendak mengganti dengan pakaian ihram.

Pada musim haji tahun ini, JCH Aceh yang seluruhnya gelombang II, menggunakan pakaian ihram di Jeddah sebelum menuju Makkah untuk melaksanakan umrah. "Penggunaan pakaian ihram di Jeddah karena sekaligus dengan miqat (niat haji) sebelum menuju Makkah untuk melaksanakan umrah," ujarnya.

Ia menjelaskan tempat miqat bagi yang datang dari penjuru Asia Tenggara termasuk Aceh yaitu di Jeddah. Sesampai di Jeddah para jamaah haji menggunakan pakaian ihram yang dibarengi dengan miqat dan shalat sunat ihram di Jeddah.

Setiap jamaah haji berhak membawa barang bawaan (free baggage) berupa satu tas dokumen (tas paspor), satu tas tentengan dengan berat maksimal 7 kg, dan satu tas koper yang dapat diisi dengan berat maksimum 32 kg yang diberikan oleh perusahaan penerbangan. Selain itu setiap jamaah haji juga akan diberikan satu jerigen air zamzam berisi lima liter dari perusahaan penerbangan dan dibagikan di masing-masing embarkasi haji. "Jamaah haji tidak diperkenankan memasukkan air zamzam ke dalam koper ketika pulang ke Tanah Air," demikian Akhyar.(hs)


Anda sedang membaca artikel tentang

Hari Ini Kloter I JCH Aceh Masuk Asrama

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/09/hari-ini-kloter-i-jch-aceh-masuk-asrama.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hari Ini Kloter I JCH Aceh Masuk Asrama

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hari Ini Kloter I JCH Aceh Masuk Asrama

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger