DKPP Panggil KIP Pidie Jaya

Written By Unknown on Rabu, 11 September 2013 | 16.24

* Terkait Dugaan Pelanggaran Kode Etik 

MEUREUDU - Ketua dan Anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya, Rabu (11/9) hari ini, dijadwalkan memenuhi panggilan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI di Jakarta. Pemanggilan ini terkait dugaan pelanggaraan kode etik pemilu, sebagaimana tertuang dalam peraturan bersama, KPU, Bawaslu serta DKPP.

Informasi diperoleh Serambi, kelima komisioner KIP Pijay telah berangkat ke Jakarta, Selasa kemarin. Sehari sebelumnya, Ketua KIP Pijay Musman SH, didampingi sejumlah anggotanya menyatakan siap memberikan keterangan yang akan diminta oleh DKPP. "Ini ujian bagi kami KIP. Apa pun keputusan kami terima," kata Musman.

Diberitakan sebelumnya, pasangan bakal calon bupati/wakil bupati Pidie Jaya, Yusri Yusuf/Rusli Daud mengajukan gugatan terhadap KIP Pidie Jaya ke DKPP RI. Yusri menilai para komisioner KIP Pijay telah melakukan pelanggaran kode etik  dalam melaksanakan Pilkada Pijay 2013.

Yusri menilai KIP Pijay sengaja tidak mencatumkan satu poin pada persyaratan sebagai calon bup/wabup. Poin surat keterangan mundur dari partai politik bagi calon perseorangan itu, baru disampaikan belakangan kepada dirinya sehingga tidak sempat dipenuhi lagi.

Terkait pemanggilan KIP Pijay oleh DKPP, Yusri Yusuf melalui pesan pendek kepada Serambi menyebutkan, pihaknya berharap agar hak konstitusinya yang telah dirampas supaya dikembalikan. "Apabila kemudian Ketua dan Komisioner KIP diberikan sanksi oleh DKPP, itu merupakan konsekwensi hukum," ujarnya. 

Ia menyatakan sama sekali tidak menginginkan ketua dan anggota KIP Pijay dipecat permanen, tapi setidaknya dipecat sementara. "Yang penting saya bersama Pak Rusli Daud sebagai calon wabup bisa ikut pada pilkada periode 2014-2019. Biarlah rakyat yang memilih sesuai hati nuraninya masing-masing. Soal memang atau kalah itu biasa dalam sebuah pertarungan," tulis Yusri Melon melalui pesan singkat yang dikirim ke Serambi kemarin siang.(ag)    


Anda sedang membaca artikel tentang

DKPP Panggil KIP Pidie Jaya

Dengan url

http://acehnewinfo.blogspot.com/2013/09/dkpp-panggil-kip-pidie-jaya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

DKPP Panggil KIP Pidie Jaya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

DKPP Panggil KIP Pidie Jaya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger